Perlukah Menghadiri Reuni? | OPINI.id

Lebaran sudah mulai dekat nih. Sudah siapkah kita menyambutnya? Sudah sempurnakah ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan ramadhan kita? Mudah-mudahan ya puasa dan ibadah yang kita lakukan diberkahi Allah SWT. Biasanya setelah lebaran banyak banget undangan reuni yang kita terima, mulai dari reuni SD, SMP, SMA, sampai kuliah. Pasti dong dari kita ada yang senang atau bahkan malas datang ke acara reuni itu dengan beberapa alasan yang bisa dilontarkan.

Penting gak sih buat kita datang ke acara reuni itu? Ini ada beberapa alasan yang bisa jadi pertimbangan.

1. Silaturrahmi dengan teman lama Reuni merupakan salah satu ajang bertemu dengan teman lama. Ini adalah waktu yang tepat kita bisa bertemu kangen dengan mereka. Sebab dengan reuni ikatan pertemanan akan terjaga dengan baik.

2.Siapkah bertemu mantan

Buat yang punya mantan waktu jaman sekolah, siapkah kita bertemu dengan mantan, meskipun kita masing-masing sudah punya pasangan dan keluarga. Pasti ada banyak gurauan dan candaan yang terlontar dari teman-teman kita terhadap kita dan mantan. Duh, ini nih yang bikin malas untuk datang ya.

3.Serbuan beribu pertanyaan

Menghadiri reuni harus siap dengan pertanyaan dari teman-teman. Buat kita yang jomblo pasti ditanyain "Mana jodohnya? Kapan nikah?" Buat yang belum punya anak pasti ditanyakan, "Kapan nih punya anak? Sudah program belum?" Buat yang sudah punya anak, "Kapan nambah anak lagi?" Haha, pertanyaan yang sama setiap tahun ya.

4.Ajang Pamer kesuksesan

Setelah lama gak pernah bertemu dengan teman lama, pasti diantara mereka sudah banyak yang sukses. Seringkali dengan adanya reuni kesuksesan yang dicapai menjadi ajang pamer antar teman. Sebenarnya ajang pamer kesuksesan ini tidak perlu terjadi demi untuk menjaga teman lama yang kesuksesannya di bawah rata-rata. Secukupnya saja membagi kesuksesan tanpa berlebihan dan sombong serta tanpa menggurui.

5.Ajang Pamer kekayaan

Umumnya kalau sukses pasti memilki kekayaan yang cukup. Namun yang menjadi permasalahan di setiap reuni, ajang pamer kekayaan menjadi hal yang dibanggakan. Terkadang tidak ada yang mau mengalah dalam hal pamer. Entah itu pamer rumah, mobil, emas, tanah, usaha dan lainnya. Sebaiknya pamernya gak berlebihan ya.

6.Ajang Pamer keluarga

Keluarga yang kita punyai juga seringkali jadi ajang pamer. Misalnya mengunggulkan suami atau istrinya yang cantik/ganteng, Jumlah anaknya yang banyak, kepintaran anaknya dan lainnya yang memicu sebuah kecemburuan sosial. Pamer janganlah berlebihan bahkan bercerita detail. Cukup memberikan informasi yang cukup saja tanpa panjang lebar sehingga terkesan sombong.

Kesimpulan.

Sebenarnya keenam hal diatas tidak sepenuhnya sama terjadi di tempat reuni yang lain. Jadi, masih berminat mendatangi acara reuni?

Komentar

Fresh