Apa Aja Sih Jenis Aliran Sulap? | OPINI.id

Belakangan ini dunia persulapan Indonesia sedang heboh-hebohnya. Dikarenakan salah satu pesulap Indonesia tampil dalam ajang berbakat di Amerika. Yups di Amerika, bukan Indonesia. Namun pesulap tersebut menampilkan jenis sulap yang bukan karakternya. Loh emang ada banyak macam jenis sulap yaa? Kalo iya, emang ada apa aja sih jenis aliran sulap itu? Yuk kita simak bersama.

1. Illusionist

Aliran sulap ini mampu menciptakan sebuah ilusi yang membuat penonton melihat hal-hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Biasanya dilakukan dalam panggung besar seperti tubuh terpotong, melayang, bahkan menghilang. Namun seiring perkembangan zaman, sang illusionist pun mampu melakukannya di jalan yang efeknya lebih wow dibanding diatas panggung. Di Indonesia yang memiliki karakter seperti ini salah satunya adalah Demian Aditya. Kalo diluar negeri yang terkenal David Copperfield.

2. Mentalist

Aliran Mentalist fokus pada kekuatan pikiran seperti meramal, membaca pikiran, menebak kartu pilihan penonton, dan telekinetik. Seolah-olah sang pesulap mampu menggunakan kekuatan pikirannya untuk melakukan hal-hal tersebut. Namun yang patut diketahui bahwa semua itu hanyalah trik, bukan kekuatan pikiran sungguhan. Tapi dalam menguasainya memang perlu latihan yang menguras pikiran. Contoh di Indonesia yang terkenal adalah Deddy Corbuzier. Dan Diluar negeri ada Max Maven,

3. Escapology

Diambil dari kata Escape yaitu melarikan diri. Jenis sulap inilah yang dimainkan Demian Aditya pada acara America's Got Talent beberapa waktu lalu. Aliran ini mengharuskan pesulap untuk mampu meloloskan diri dari maut yang ia buat sendiri. Seperti tangan diborgol, kaki dirantai, badan diikat. Lalu ancaman lainnya seperti jika tidak berhasil lolos akan ditabrak mobil atau ditiban benda berat yang mematikan. Walau Demian seorang Illusionist tapi ia berhasil membuat aksi ini dengan sangat hebat. Karena pada dasarnya setiap pesulap diharuskan juga mampu memainkan segala aliran.

4. Close Up Magic

Yang paling umum diterapkan pada era modern ini yaitu Close Up Magic atau sulap jarak dekat. Aliran ini mengharuskan pesulap memiliki kemampuan sleight of hand (kecepatan tangan) dengan sangat sempurna sehingga meminimalisir terbongkarnya sebuah trik sulap. Medianya pun dari benda sehari-hari seperti kartu, koin, gelas, sapu tangan, cincin, dll. Berbeda dengan aliran Illusionist yang membutuhkan panggung besar, close up magic justru harus lebih dekat dengan penonton dan mampu berkomunikasi dengan baik. Karena didalamnya ada juga trik pengalihan dimana sambil bicara sang pesulap juga sambil melakukan trik-trik tanpa disadari penonton.

5. Classic Magic

Yang terakhir ada aliran Classic Magic. Jenis sulap ini paling tua, biasanya tidak banyak bicara dan diiringi dengan musik yang energik ataupun yang melankolis, tergantung tema permainannya. Penampilannya selalu dipanggung besar yang jarak penontonnya agak jauh. Aksi seperti menggunakan topi dan kelinci, seni manipulasi (kartu, uang kertas, compact disk), tongkat yang bisa memanjang dan memendek, serta obor yang bisa jadi bunga. Latihan dalam menekuni aliran ini sangat dibutuhkan kesabaran. Karena banyak tehnik-tehnik sulit yang tidak mungkin dipelajari dalam sejam atau dua jam saja. Rhomedal Aquino adalah pesulap yang menggeluti aliran ini. Sedangkan wanitanya ada Princess Rizuki yang pernah menampilakn permainan Quick Change atau berganti pakaian dengat sangat cepat diatas panggung.

Jadi aliran mana yang menjadi favorit kamu untuk menikmati sulap? Atau bahkan ingin mempelajarinya?
A. Illusionist
B. Mentalist
C. Escapology
D. Close Up dan Classic Magic
36 votes

Komentar

Fresh