Mahasiswa Arsitektur Kudu Punya Ini | OPINI.id

Kalian adalah mahasiswa Arsitektur? Kalau belum punya alat-alat di bawah ini, jangan bilang kalian mahasiswa Arsitektur ya. Alat alat ini wajib banget dipunyai sebab menunjang tugas dan ujian kalian ketika kuliah di Arsitektur. Kalau dipikir-pikir harganya sih lumayan mahal ya. Karena mempunyai barang barang ini harus punya modal yang gak sedikit. Kuliah di Arsitektur itu asyik lo. Kerjanya cuma gambar dan survey lalu bikin paper. Gak pake hitung-hitungan Fisika Kimia yang bikin ribet.

Nah, buat kalian yang sudah menjadi mahasiswa Arsitektur baiknya kenalan dulu dengan alat alat berikut. Kalau salah satu atau salah dua belum dipunyai

Ini dia beberapa alat yang sebaiknya kamu punyai sebagai mahasiswa Arsitektur: 1. Buku gambar Kalau kuliah arsitektur selalu saja berhubungan dengan gambar dan sketsa. Di awal-awal kuliah kita belajar banyak sketsa. Bahkan tugaspun harus di buku gambar. Biasanya buku gambar yang diperlukan itu ukuran A3. Usahakan buku gambarnya yang berkualitas dan bagus, supaya waktu sketsa dan diwarnai hasilnya bagus. Ingat untuk buku gambar jangan dilipat ya karena mempengaruhi hasil gambar dan sketsa kita. Harganya lumayan lah. Gak sampai menguras isi kantong sakumu.

2.Pensil gambar.

Untuk pensil ini banyak dan bermacam-macam merek bahkan ukurannya. Untuk ukurannya ini tergantung dari tebal tipisnya pensil. Kegunaan masing-masing ukuran pensil tersebut bermacam-macam. Kalau tahu cara memakainya dipastikan hasil gambarnya pasti bagus. Ada pensil yang ukuran HB, 2B,H, F 3B, 4B, 5B dan lainnya.

3.Pensil warna atau cat air

Nah, untuk pensil warna dan cat air ini biasanya digunakan kalau ada mata kuliah interior bangunan. Tak hanya itu juga digunakan untuk mewarnai gambar dan sketsa. Gunanya untuk mempercantik gambar. Tergantung kesukaan sih sebenarnya. Apakah mau menggunakan pensil warna atau cat air. Yang penting kalian bisa menggunakannya. Carilah pensil warna dan cat air yang kualitasnya bagus, supaya hasilnya juga bagus dan terang.

4. Penggaris.

Penggaris digunakan untuk menggambar garis sehingga lurus dan presisi. Apalagi kalau sedang menggambar denah bangunan dan perspektif bangunan. Penggaris ini pun banyak modelnya. Ada yang panjang, segitiga, lingkaran, setengah lingkaran tergantung dari kesukaan. Standar penggaris yang panjang, panjangnya mencapai 30 cm. Harganya juga lumayan mahal lo, apalagi yang satu set.

4.Meja gambar.

Sebenarnya kalau meja gambar untuk saat ini sih sudah tidak terlalu dipakai ya. Karena sudah beralih ke digital menggunakan komputer atau laptop. Tapi buat kamu yang ingin punya bisa di beli di toko. Kalau memang tidak punya,meja biasa pun bisa lo sebagai alas untuk menggambar.

6. Komputer

Komputer ini merupakan alat yang wajib dipunyai oleh mahasiswa Arsitektur. Gak cuma Arsitektur sih. Jurusan yang lain pun wajib punya komputer. Komputer ini banyak kegunaannya. Karena Arsitektur itu selalu banyak membuat tugas. Jadi komputer digunakan untuk mengerjakan tugas dan browsing internat. Ketika menggambar di komputer, menggunakan software seperti Autocad maupun Sketch Up. Untuk mengedit gambar bisa menggunakan software Photoshop dan Corel Draw. Sekarang sudah siap mempunyai alat-alat tersebut?

Komentar

Fresh