Pusaka Soekarno | OPINI.id

Bapak proklamator sekaligus Presiden pertama Republik Indonesia ini selalu punya cerita menarik untuk dibaca. Mulai dari perjuangannya terhadap Indonesia sampai kisah mistis seputar benda pusaka yang dimilikinya.

1.Pusaka Keris Soekarno

Bung Karno nggak hanya dikenal sebagai sosok orang yang rendah hati dan pintar saja. Tapi juga banyak cerita misteri seputar dirinya.

Seperti halnya benda pusaka keris yang didapatnya dari Keraton Yogyakarta. Konon keris punya Soekarno ini punya kekuatan magis di dalamnya. Ia tidak hanya punya satu keris saja, tetapi juga disebut-sebut memiliki 3 keris lainnya.

2. Tongkat Komando

Buat kamu penggemar berat Presiden pertama Republik Indonesia yang kemarin berulang tahun di tanggal 6 Juni ini pasti tau. Ya, jika diperhatikan, hampir di setiap perjalanan dinasnya Bung Karno tak pernah lupa membawa tongkat komando.

Usut punya usut ternyata dia punya tiga tongkat komando yang masing-masing ada kegunaannya. Satu tongkat dipergunakan untuk perjalanan luar negeri, tongkat kedua saat betemu dengan para jendral, dan tongkat terakhir Soekarno pergunaan saat dia menyampaikan pidato kenegaraan.

3. Batu Merah Delima

Begitu banyak batu alam di Indonesia hanya ada satu jenis batu yang kerap jadi pembicaraan dikalangan pecinta batu. Apalagi kalau bukan batu merah delima yang dipercaya punya kekuatan mistis.

Nah, Presiden Soekarno punya satu batu akik merah delima kesayangannya. Ia selalu membawanya kemanapun ia pergi.

4. Tongkat Monyet

Pasti banyak yang bertanya kenapa namanya tongkat monyet. Ini adalah tongkat yang dia peroleh saat menjalani pengasingan di Ende,Flores.

Disanalah Soekarno bersemedi di kawah Tiwy Ata Polo dan Tiwu Nua Muri Koo Faai. Di bagian tongkat tersebut terdapat ukiran monyet yang sering Soekarno gunakan untuk menunjuk para penjajah Belanda saat bertemu dengannya.

Komentar

Fresh