Pancasila Sakti | OPINI.id

Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 telah menetapkan bahwa 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadikannya sebagai hari libur nasional di setiap tahun peringatannya.

Satu tahun semenjak Keppres tersebut dikeluarkan, Pemerintah pada tahun 2017 ini akan memeriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila dengan lebih semarak dengan berbagai kegiatan yang terangkum dalam "Pekan Pancasila".

Pancasila Pondasi Rumah Indonesia

Tidak bisa dipungkiri jika Pancasila adalah rumah keseimbangan dengan lima prinsip nilai kait-mengait yang bisa berdiri kokoh manakala dijalankan dengan mengusahakan korelasi antarsila. Tapi saat ini tendensi kelunturan terjadi pada pengamalan sila Ketuhanan.

Merebaknya kekerasan bernuansa agama merupakan letupan dari kecenderungan pemahaman, penghayatan dan pengamalan keagamaan yang tidak lagi mencerminkan semangat ketuhanan yang berkebudayaan yang lapang dan toleran, sebagaimana ditandaskan oleh Bung Karno.

Mari kita rajut kembali pondasi bangsa kita yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Indonesia itu beragam, jika tidak ada keberagaman justru bukanlah Indonesia. #SayaIndonesia #SayaPancasila

Jokowi Kampanyekan Program "Pekan Pancasila"

Ada yang beda dengan peringatan hari kelahiran Pancasila di tahun 2017 ini. Pemerintah sudah menetapkan jika setiap tanggal 1 Juni 1945 yang merupakan hari lahirnya Pancasila jadi hari libur nasional.

Gak hanya itu saja, bahkan perayaan hari lahir Pancasila kali ini juga lebih meriah. Beda dari biasanya loh! Ada beberapa kegiatan seru yang dirangkum dalam "Pekan Pancasila".

Kegiatan ini sudah dimulai sejak tanggal 29 Mei-4 Juni 2017. Adapun tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017 adalah ?Saya Indonesia, Saya Pancasila?. Sumber: Republika

Merah Putih Siap Berkibar di Penjuru Tanah Air

Selain sudah ditetapkan sebagai hari libur nasional, pada peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini juga ada program "Pekan Pancasila". Gak cuma itu aja, tapi juga ada acara pengibaran bendera di penjuru Indonesia.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, peringatan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila akan diisi oleh upacara pengibaran bendera di penjuru Indonesia.

"Menyelenggarakan upacara secara nasional dan seluruh inspektur upacara akan membacakan surat sambutan Presiden Jokowi," ujar Pratikno, di Kompleks Istana Kepresidenan pada Selasa (30/5/2017) malam.

Dengan digelarnya upacara pengibaran bendera di penjuru Tanah Air, Pratikno berharap, komitmen seluruh rakyat Indonesia terhadap empat pilar negara, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, semakin teguh.

Draw My Life Pancasila

Tanggal 1 Juni, Pancasila berulang tahun. Tapi, seiring bertambahnya umur Pancasila, dia semakin ditinggalkan. Apa curhatan Pancasila? Tonton video ini biar Indonesia semakin bersatu karena Indonesia itu beragam.

Subscribe di sini: https://www.youtube.com/c/OpiniID untuk ngeliat video nyinyir/informatif/motivasi lainnya.

Komentar (1)

Fresh