Sepele Tapi Bikin Batal Puasa | OPINI.id

Puasa gak cuma nahan lapar doang, tapi juga semuanya termasuk hawa nafsu. Nah, ada beberapa hal yang mungkin sepele tapi sebenarnya itu bikin batal puasa.

Ngebohong...

Gak cuma di bulan puasa aja kalau bohong itu berdosa, tapi di bulan biasa juga. Bedanya kalau di bulan puasa, bohong cuma dapet dosa, tapi di bulan ramadan, puasa kamu bisa batal ditambah lagi dosanya juga berkali-kali lipat.

Sikat gigi sesudah imsak

Hahaha..... alangkah baiknya kamu sikat gigi sebelum imsak guys. Soalnya kalau udah masuk waktu imsak apalagi udah adzan subuh, katanya sih gak boleh bisa bikin batal puasa.

Nelen air wudhu

Puasa tanpa salat itu bagaikan pakai baju tanpa celana. Tapi inget, jangan coba-coba menelan air wudhu dengan sengaja, soalnya itu bisa bikin batal puasa kamu.

Ngabuburit Sambil Minum Kopi

Sembari menunggu buka puasa, kamu biasanya menghabiskan waktu sore dengan jalan-jalan atau yang sering disebut dengan ngabuburit.

Mulai sekarang, kamu sepertinya harus sedikit berhati-hati dengan kegiatan ngabuburit , karena bila kamu melakukannya secara berlebihan bisa-bisa puasa kamu batal, apalagi sambil minum kopi.

Nonton Adegan Mesra (sengaja)

Demi menghindari makruh ataupun hal yang membatalkan puasa, sebaiknya hindari drama-drama romantis ataupun film luar.

Soalnya, pasti ada adegan mesranya. Mendingan kamu nonton tayangan ceramah ataupun tentang dunia hewan. Eh tapi kalau hewannya lagi mesra-mesraan juga bikin batal loh, hehehe.

Sahurnya Lebay

Kadang lagi enak tidur gak ada yang bangunin sahur terus akhir bangun pas waktunya ngepas. Eh lauk sahurnya enak banget, yaudah kamu lanjut makan sampai beduk subuh, hehehe. Itu bisa bikin puasa kamu batal.

Komentar (5)

Fresh