7 Rekomendasi Masjid buat Ngabuburit | OPINI.id

Tak terasa ya akhirnya kita memasuki bulan Ramadhan. Salah satu tradisi yang sering dilakukan orang-orang Indonesia adalah ngabuburit untuk menunggu waktu berbuka.

Nah, ada 7 rekomendasi masjid yang cantik dan unik di Jakarta nih yang bisa kita datangi buat mengisi waktu ngabuburit kita.

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal merupakan masjid nasional terbesar di Asia Tenggara. Letaknya di Jakarta Pusat dekat dengan Stasiun Gambir. Masjid ini bisa juga disebut sebagai salah satu ikon Kota Jakarta. Masjid yang dibangun dengan gaya arsitektur modern ini terdiri dari 5 lantai dan selasar yang luas. Masjid Istiqlal juga rutin menyelenggarakan acara tausiyah. Jadi pas banget ya kalau ngabuburit ke Masjid Istiqlal sembari mengikuti acara tausiyah. Ngabuburit, jalan-jalan sekaligus menambah amalan ibadah puasa.

Masjid Sunda Kelapa

Jika kita suka bermain-main di taman, Masjid Sunda Kelapa menjadi salah masjid rekomendasi yang bisa dikunjungi. Lokasinya dekat dengan Taman Suropati, taman kota yang sejuk dan menghibur karena banyak kegiatan seni yang diselenggarakan di sana. Masjid Sunda Kelapa memiliki interior yang cantik dan dikelilingi pohon-pohon rindang. Jadi pas kan untuk tempat berteduh ketika ngabuburit. Di area Masjid Sunda Kelapa ini menjamur usaha kuliner mulai dari kuliner ala Timur Tengah hingga kuliner Tanah Minang. Pas banget kan untuk berburu menu buka puasa.

Masjid Cut Meutia

Masjid Cut Meutia berada di kawasan Menteng, tak begitu jauh dengan Masjid Sunda Kelapa. Bangunan masjid ini merupakan peninggalan zaman Belanda, dan menjadi salah satu cagar budaya di Jakarta. Beberapa tahun terakhir ini, Masjid Cut Meutia menjadi tempat diselenggarakannya Ramadhan Jazz Festival yang diselenggarakan ba'da tarawih. Jadi setelah ngabuburit, berbuka dan tarawih kita juga bisa bersenang-senang dengan suguhan seni di Ramadhan Jazz Festival.

Masjid Al Munada Darussalam

Masjid yang berlokasi di Jalan Casablanca dan tersembunyi di balik apartemen Casablanca ini dikenal juga sebagai masjid perahu. Di sebelah bangunan masjid Al Munada Darussalam terdapat bangunan berbentuk perahu yang konon dibangun karena terinspirasi dari perahu Nabi Nuh. Di dalam perahu ini terdapat tempat berwudhu dan toilet. Selain keunikan perahunya, masjid Al Munada Darussalam juga menyimpan Al-Qur'an kuno berukuran 2x1,5 meter. Bagaimana siap menjelajahi keunikan masjid ini sembari ngabuburit?

Masjid Al Azhar

Bangunan Masjid Al Azhar didominasi warna putih dan kental dengan nuansa arsitektur Timur Tengah. Masjid ini diresmikan oleh Pemda DKI Jakarta sebagai salah satu tapak sejarah perkembangan kota Jakarta. Masjid yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru ini telah menjadi cagar budaya nasional sejak 19 Agustus 1993. Masjid Al Azhar juga rutin menyelenggarakan kajian ilmu agama, majlis taklik, kursus bahasa dan studi agama islam. Masjid ini juga diperuntukan untuk pengembangan pendidikan dan kebudayaan. Dengan begitu, Masjid Al Azhar menjadi tempat yang sangat pas ya untuk ngabuburit.

Masjid Ramlie Musofa

Masjid Ramlie Musofa ini berlokasi di Sunter, Jakarta Utara. Bangunannya megah dan serupa dengan Taj Mahal. Arsitekturnya memadukan budaya Tiongkok, Indonesia dan India. Karena keunikan dan kecantikan bangunannya, masjid ini juga menjadi salah satu tujuan wisata di Jakarta Utara. Uniknya lagi, masjid ini dibangun oleh seorang Mualaf Tionghoa yang bernama H. Ramli. Nah, kalau sedang berada di area Jakarta Utara jangan lupa mampir kesini ya.

Masjid Raya Jakarta Islamic Center

Masjid Raya Jakarta Islamic Centre merupakan masjid nan megah yang dibangun di atas lahan bekas lokalisasi terbesar di Jakarta bernama Kramat Tunggak, di Jakarta Utara. Masjid yang dibangun tahun 2001 ini mengusung desain arsitektur Betawi. Selain bangunan utama yang megah, masjid ini juga dilengkapi dengan menara setinggi 144 meter yang menjadi simbol jumlah surat dalam Al-Quran. Masjid ini juga dimanfaatkan sebagai pusat kajian ilmu agama islam dan dilengkapi pula dengan sarana pendidikan, bisnis dan wisma.

Komentar

Fresh