Tradisi Indonesia Saat Ramadan | OPINI.id

Ada beberapa tradisi aneh,unik dan seru asli dari Indonesia ini yang hanya muncul setahun sekali saat Bulan Puasa.

Bangunin Orang Sahur

Ini adalah khasnya ramadan guys. Saat tengah malam hingga sepertiga malam, ada beberapa warga yang berkeliling guna membangunkan warga lainnya untuk bersantap sahur. Biasanya mereka berkeliling sembari memukul bedug ataupun objek lainnya. Dengan kebisingan yang dibuatnya dipercaya mampu membangunkan orang untuk bersantap sahur.

Balimau Khas Minangkabau

Bagi masyarakat Minangkabau, tradisi menyambut bulan Ramadan dilakukan dengan cara menyucikan diri atau yang biasa disebut Balimau. Mereka biasanya menggunakan jeruk nipis dan mandi di sungai atau tempat pemandian. Jeruk nipis digunakan karena dipercaya bisa menghilangkan keringat dan minyak yang menempel pada tubuh kita.

Nyandran Ala Masyarakat Jawa

Istilah "Nyandra" bagi sebagian masyarakat di beberapa pula Jawa mungkin tidak asing lagi.Ini adalah tradisi khas Jawa yang asalnya dari bahasa sansekerta "Sraddha" yang artinya keyakinan. Tradisi ini biasanya dilakukan dengan cara berkunjung ke makam sanak saudara untuk tabur bunga dan berdoa. Mungkin kalian lebih kenalnya dengan sebutan Nyekar.

Meugang Tradisi Sembelih Hewan Khas Aceh

Di Aceh gak hanya saat Idul Adha aja melakukan kurban, tapi jelang Ramadan juga. Masyarakat Aceh menyebutnya sebagai tradisi Meugang atau tradisi kurban. Hanya saja di sini bukan hanya sapi saja tapi juga banyak hewan lainnya yang dikurbankan seperti Ayam, bebek, dan kambing.

Nyorog Ala Betawi Jelang Ramadan

Beranjak dari Aceh, kini kita ke Betawi, masyarakat asli DKI Jakarta ini juga punya tradisi unik dalam menyambut bulan ramadhan, yaitu Nyorog, atau membagi-bagikan bingkisan kepada anggota keluarga dan tetangga.

Ngabuburit

Tradisi yang satu ini hanya ada di Indonesia. Ngabuburit merupakan istilah yang berasal dari bahasa Sunda yang berarti aktivitas yang dilakukan oleh seseorang untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa tiba. Ada beragam aktivitas yang dilakukan saat sore hari menjelang malam. Seperti jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, membeli makanan berbuka, tadarus Alquran hingga bersenda gurau dengan keluarga dan kerabat.

Buka Bersama

Buka bersama atau lebih dikenal dengan istilah 'bukber' seakan sudah menjadi tradisi tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Selain menyantap menu berbuka puasa secara bersama-sama, bukber juga menjadi ajang silaturahmi bagi kerabat.

Komentar

Fresh