Tips Mudah Menghilangkan Bau Badan! | OPINI.id

Muncul keringat itu baik, tapi kamu harus bisa mengakali agar badan tidak berbau biar nyaman sepanjang hari. Penyebab bau badan itu, bisa muncul karena ada bakteri pada lapisan pori yang tertutup oleh keringat kita. Nah, bakteri tersebut akan memecah protein dan mengubahnya menjadi asam yang menyebabkan bau kurang sedap. Pakai deodorant? Bisa saja. Namun, deodorant identik dengan menghalangi keluarnya keringat. Padahal, keringat juga bagus jika dikeluarkan. Ia dapat membuang racun dari dalam tubuh, membantu mendinginkan tubuh saat kepanasan, dan membakar kalori. Beberapa tips di bawah ini dapat menghilangkan bau badan tanpa harus mencegah keringat keluar dari tubuhmu. Apa saja, ya?

1. Mandi Pagi dan Sore.

Ini adalah hal paling mendasar untuk kita yang tinggal di iklim tropis seperti ini. Mandi dapat membuatmu segar dan menghilangkan kotoran serta keringat yang menempel di permukaan kulit. Selain bikin segar, kulitmu akan bersih dan tidak ada kuman yang menempel lagi. Jadi, buang rasa malas dan mandilah 2x sehari. Saat mandi, perhatikan juga penggunaan sabun yang kamu pakai. Jangan sampai memilih sabun yang murah tapi mengandung banyak kimia. Pilihlah sabun yang harganya sesuai budgetmu, tapi usahakan cari yang memiliki kandungan antibakterial.

2. Wajib Berpakaian yang Bersih dan Menyerap Keringat.

Kamu juga harus selalu rutin mengganti pakaian. Kadang-kadang, saking malasnya mencuci, kita memilih untuk mengulang pakai baju yang itu lagi. Duh, tapi keringat yang menempel di pakaian bakal jadi sarang bakteri penyebab bau badan, tuh. Jangan malas mengganti pakaian, deh. Usahakan selalu memakainya satu kali saja dalam sehari. Malah, jika aktivitasmu sudah seharian penuh, gantilah bajumu di jam istirahat. Untuk menghemat pakaian agar tidak ganti dua kali dalam sehari, usahakan memakai pakaian yang menyerap keringat. Pilih yang berbahan wolfis, katun, jersey, atau bahan kaos. Jika keseharianmu mengharuskan berpakaian normal, akali dengan kaos pendek sebagai dalamannya.

3. Gunakan Lotion dan Sabun Mandi Beraroma Sama.

Selain mencari yang anti bakterial atau sabun mandi yang sesuai dengan kebutuhanmu, cari juga sabun mandi yang beraroma tahan lama, segar, tidak cepat hilang wanginya. Lalu, samakan dengan wangi parfum yang kamu gunakan. Cara ini bisa dibalik dengan memilih parfum terlebih dahulu baru mencari sabun yang wanginya sesuai.

4. Pakai Parfum di Titik Tertentu.

Usahakan tidak memakai Parfum yang KW, ya. Jika belum sanggup membeli parfum, pakailah body mist atau wewangian lain yang beraroma baik dan tahan lama, tetapi bukan yang KW. Produk KW itu jahat. Kita tidak tahu bahan kimia yang terkandung di dalamnya, dan produsen tidak mau bertanggung jawab jika ada apa-apa. Selain itu, wanginya jelas berbeda dengan yang asli. Pakailah wewangian yang sesuai dengan budget-mu dan gunakan di titik tertentu seperti di belakang leher, belakang lutut, sela-sela elbow, dan sekotar pergelangan tangan. Di titik tersebut, wangi biasanya akan bertahan lama.

Komentar

Fresh