Share your news today | OPINI.id

Yuk update ttg berita

Pasar Ciputat di Singgahi Mobil Satpol PP

Para anggota Satpol PP atau Trantib Selasa (10/1), memarkirkan kendaraan operasionalnya untuk mengawasi para Pedagang Kaki Lima (PKL) agar tidak berjualan di luar pagar. Meskipun telah dipasang pagar keliling beberapa waktu lalu untuk menertibkan keberadaan para pedagang, tetap saja belum maksimal tanpa penjagaan para personil Satuan Polisi Pamong Praja atau Trantib. Sepanjang batas trotoar, jalan yang dipagar kurang lebih satu meter itu memang sudah terlihat tidak ada lagi pedagang yang berjualan di luar pagar. Namun para pedagang mengeluhkan keberadaan pagar, karena jumlah pembeli mereka menjadi berkurang dari biasanya saat mereka berjualan di luar pagar. Aryani, salah satu pedagang merasa pembeli menjadi berkurang semenjak ia berjualan di dalam pasar. “Semenjak tidak lagi berjualan di pinggir jalan mengalami penurunan drastis,” tambahnya. Jika berjualan di dalam, pembeli harus memarkirkan kendaraannya, sementara tidak ada lahan parkir yang memadai untuk para pembeli. Salah satu anggota Trantib Kecamatan Ciputat mengatakan, setiap hari para anggota Trantib bergantian untuk bertugas menjaga Pasar Ciputat ini, jika tidak dijaga, pedagang ada saja yang berjualan di luar pagar. “Tujuan pemagaran supaya penjual yang bandel tidak membuka dagangannya di pinggir jalan. Kalau tidak ada petugas, penjual ada saja nekat,” tuturnya. “Kita yang capek-capek mengusir PKL, ada pihak lain yang memanfaatkan lahan untuk parkir. Mereka yang terima uangnya dari parkir,” ucap anggota Tantrib tersebut. Ia mengaku harus sabar menghadapi hal seperti itu. Selesai tidak ada pedagang yang berjualan di pinggir jalan, giliran lahan itu digunakan menjadi lahan parkir oleh para oknum yang sudah sering kali ditegur oleh para petugas. Secara terpisah, kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tangerang Selatan menjelaskan, penataan terhadap Pasar Tradisional Ciputat secara bertahap terus dilakukan. Petugas Satpol PP atau Trantib dari Kecamatan Ciputat di lokasi agar aktivitas jual beli berjalan tertib.

POLISI BONGKAR SINDIKAT SABU DI BEKASI

Sindikat penjualan narkoba jenis sabu berhasil dibongkar oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Kota Bekasi, Jawa Barat. Senin (14/12/2016).Dari operasi ini polisi berhasil menangkap empat orang tersangka dan menyita 13 kg sabu. Pengungkapan ini berawal dari penangkapan tersangka berinisial DK di Jembatan Caman Kelurahan Jati Bening, Bekasi.Dari tangan tersangka pihak kepolisian berhasil menyita 1,24 gram sabu. Dari pengembangan kasus polisi berhasil mengungkap pengedar berinisial RD di wilayah Johar Baru, Jakarta Pusat. Polisi berhasil menyita 24 bungkus plastik sabu dengan berat total 13 kg atau setara dengan Rp. 19,5 milyar. Pengedar RD adalah mantan residivis dengan kasus yang sama.

Amirulla STIP

Jakarta- Amirullah Adityas Putra (18) di sebut polisi tidak sadarkan diri setelah dianiaya seniornya di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP). Selain amirullah ada lima korban lainnya yang dianiaya. Penganiayaan yang disebut 'pelajaran' oleh para senior taruna itu dilakukan sekitar pukul 22.30, Selasa (11/1). Amirullah dan lima taruna junior lainnya dikumpulkan di gedung Dormitory 4 kamar DM-205 lantai 2. Polisi menyebut ada lima pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka adalah senior dari para korban yang awalnya memanggil enam korban itu untuk tradisi serah-terima alat musik drum band

Harga Cabai Melonjak

Harga cabai di beberapa daerah di Indonesia meningkat tajam. Diantaranya daerah jawa ,Kalimantan,Sulawesi,hingga Papua mengeluhkan kenaikan harga cabai dalam dua pekan terakhir menembus angka 100 ribu per kilogram.Kenaikan harga cabai di karenakan stok dari agen dan petani yang terbatas ,sedangkan permintaan pasar yang cukup tinggi. Dalam hal ini, pemerintah menjadikan cuaca yang tak menentu sebagai faktor kegagalan panen cabai. Ketua Menko Perekonomian Darmi Nasution menyatakan bahwa ini hal yang tiap tahun terjadi ,jika musim hujan tiba maka pasokan cabai dari petani akan sedikit lantaran cabai yang membusuk dan berjamur karena terkena air hujan. Menghadapi persoalan ini ,Permerintah bergerak cepat dengan cara mengalihkan pasokan cabai daerah yang sudah memasuki masa panen ,seperti Kediri ,Jawa timur dan mendistribusikan cabai dengan jelas tanpa ada campur tangan pihak yang nakal. Dengan begitu ,harga cabai bisa dikendalikan.

Pembunuhan Terhadapa Mahasiswa Esa Unggul

Tri Ari Yani Puspo Arum, atau yang akrab disapa sebagai Arum mahasiswi Universitas Esa Unggul ditemukan tak bernyawa di kamar kosnya di Jalan H Asmat Ujung, Perumahan Kebon Jeruk Baru, Jakarta Barat. Kejadian yang di duga pembunuhan itupun terjadi pada senin pagi 9 januari 2017. Arum ditemukan tewas didalam kamarnya dengan terdapat dua luka tusuk dibagian lehernya. Jasad Arum ditemukan pertama kali oleh Zainal Abidin yang merupakan kekasih korban. Zainal Abidin mengaku masih berkomunikasi dengan korban pada pagi hari, namun setelah itu sekitar pukul 8.30 pagi hari Zainal mengunjungi kosan korban dikarenakan korban tidak membalas pesan. Didalam kosan, Zainal menemukan jasad Arum tergeletak dikamarnya dengan berlumuran darah. Pembunuhan diduga terjadi sekitar pukul 7.00-8.00 WIB. Dalam penyelidikan sementara polisi masih memeriksa saksi untuk keterangan sementara, polisi mendapati petunjuk bahwa ada barang korban yang hilang dari dalam kamar. Entah itu terjadi saat pembunuhan atau setelah Arum dibawa ke rumah sakit. Untuk itu, sampai saat ini belum dapat dipastikan motif dari pembunuhan tersebut.

TARIF STNK DAN BPKB MEMBEBANKAN RAKYAT KECIL

Kenaikan tarif naik tiga kali lipat dikarenakan bahan baku (kertas) untuk pembuatan STNK dan BPKB sangat mahal dan tarif di Indonesia paling murah dibanding negara lain menurut Kapolri Jendral Tito Karnavian. Walau nyatannya setelah di survey dipercetakan bahan baku kertas harganya sama saja tidak ada kenaikkan. Yang memberlakukan tarif STNK dan BPKB naik bukanlah dari pihak kepolisian yang membuat, tetapi Presiden Jokowi yang menekankan peraturan tersebut. Setelah keputusan tersebut diberlakukan sejak 6 Januari 2017 lalu, banyak pihak kurang setuju apalagi dari pihak kelas menengah kebawah. Dikarenakan pendapatan perkapita di Indonesia masih dibawah rata-rata dan negara Indonesia masih negara berkembang belum negara maju seperti Amerika dan sekitarnya. Para penjual mobil bekas mengeluhkan karena biaya BPKB naik dan mobil yang dijual dengan plat nomer mobil cantik bisa jadi akan lama untuk terjual. Bagi masyarakat kelas atas tidak mengeluhkan adanya tarif STNK dan BPKB naik. Menurut Jenderal Tito dana tersebut akan menjadi dana silang untuk masyarakat menengah kebawah. Namun sangat disayangkan apabila masyarakat sudah taat membayar pajak setiap tahunnya, tetapi nyatanya fasilitas yang ada di sekitar kita tidak terurus terbengkalai.

BENDERA OPM DI KJRI MELBEURNE, AUSTRALIA

Dua orang tidak dikenal memanjat tembok Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Melbourne, Australia. Saat staf KJRI sedang melaksanakan salat Jumat, mereka mengibarkan Bendera Organisasi Papua Merdeka (OPM). Insiden itu pun menuai protes dari Tanah Air, Jum'at (6/1/2017). Presiden Jokowi mengatakan "tindakan pengibaran bendera OPM oleh warga negara Australia sebagai tindakan kriminal", ujarnya. Jokowi juga menambahkan penerobosan itu merupakan urusan negara Australia. Tidak ada hubungannya dengan NKRI. Meski demikian, dia memastikan keamanan di sekitar KJRI sudah diperketat. "Jokowi meminta pihak berwenang Australia untuk mengambil tindakan yanh diperlukan untuk mencegah agar kejadian serupa tak terulang di masa depan," ujar Kementerian Luar Negeri Indonesia. Bendera OPM berhasil dikibarkan setelah para pelaku menerobos apartemen dan memanjat pagar di KJRI.

Warga Kota Di Veles AS Raup Puluhan Ribu EURO Dari Berita Hoax

Veles - Goran (bukan nama sebenarnya), salah satu mahasiswa di kota Veles Amerika Serikat yang mampu meraup keuntungan hingga ratusan ribu Euro perbulan dari berita hoax yang ia sebarluaskan melalui media-media sosial. Keuntungan ribuan Euro perbulan itu didapatkan goran dari Iklan. Berita hoax yang disebarluaskan oleh goran, ia dapatkan dari situs-situs sayap kanan AS yang sangat mendukung Donald Trump dalam pemilihan PILPRES 2017 menggantikan Barack Obama. Menurut pengakuan Goran saat ditanya tentang kekhawatiran berita hoax tersebut mempengaruhi pemilih di AS, “Para remaja dikota veles tidak perduli dengan pilihan warga amerika, yang mereka fikirkan adalah cara mendapatkan uang banyak untuk membeli baju-baju mahal”. Selain dikalangan mahasiswa berita hoax ini juga banyak dibuat oleh murid-murid sekolah menengah keatas.

Pelarangan Memasuki Wilayah Singapura Bagi Delapan WNI Pemilik Lambang ISIS

Imigrasi Singapura memergoki salah satu dari delapan warga negara Indonesia yang berasal dari Padang, Sumatera Barat memiliki lambang bendera ISIS di telepon genggamnya. Hal ini membuat ke delapan warga negara Indonesia tersebut dilarang memasuki wilayah Singapura. Imigrasi Singapura memberikan status tidak boleh masuk atau Not To Land sejak Selasa 10 Januari 2017. Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Komisaris Besar Martinus Sitompul, memberikan kesaksian mengenai kebenaran dari hal tersebut. “ Benar adanya mengenai hal itu, salah satu dari pimpinan rombongan tersebut yang berinisial REH menyimpan gambar yang serupa dengan lambang ISIS. Namun ia mengakui bahwa gambar tersebut ia peroleh dari grup whatsapp dan ia tidak menyadari bahwa gambar tersebut tersimpan di dalam ponselnya,” ucap Martinus di Markas Besar Polri Jakarta Selatan, Rabu (11/1/2017). Kemudian untuk menindaklanjuti kasus tersebut pihak polisi sedang melakukan tindakan penyelidikan. “Setelah melalui proses pemeriksaan oleh Polri, sampai saat ini tersangka masih melakukan pemeriksaan intensif oleh Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri,” lanjut Martinus. Saat ini , delapan WNI tersebut dibebaskan dan dipulangkan ke Batam, Kepulauan Riau, Indonesia.

FENOMENA "OM TELOLET OM"

Jakarta - Fenomena "om telolet om" semakin menyebar setelah dibicarakan selebritas dunia di Twitter. Mulanya, DJ Snake dan Zedd yang berkicau dalam Twitternya. Lalu disusul rekan-rekan sesama DJ seperti Hardwell dan Martin Garrix. Rabu (21/12/2016) Sebanyak 637.000 pengguna Twitter menggunakan kata kunci "om telolet om" dalam akunnya. Alhasil, Twitter menempatkan "om telolet om" sebagai topik terpopuler dunia. pengunggah video "om telolet om" hendak menyampaikan bahwa kebahagiaan bisa muncul dari hal-hal sederhana. Lama-kelamaan, banyak versi video "om telolet om" yang munculan.Sebelum ramai di media sosial, "om telolet om" pun sudah menjadi tradisi bagi anak-anak di beberapa wilayah. Menurut isu yang beredar, kebiasaan anak-anak meminta sopir membunyikan klakson "telolet" kali pertama muncul di daerah Jawa Timur sekitar enam tahun lalu. Maka dari itu, fenomena ini disebut "om telolet om", yaitu mencontohkan permintaan anak-anak ke sopir untuk membuktikan klakson bus antar kota yang melintas.

ISLAMOFOBIA

Puluhan warga muslim Amerika Serikat berdemonstrasi meminta hak perlindungan terhadap pemerintah, Jumat waktu setempat. Hal ini dikarenakan adanya tindakan diskriminasi yang diterima oleh umat muslim Amerika Serikat. sebagai bentuk kekecewaan terhadap masyarakat barat yang bertindak tidak sesuai sengan peri kemanusiaan yang semakin hari kian mengkhawatirkan. Hal ini diperkuat dengan adanya pidato Donald Trump yang menyatakan pro terhadap Islamopobia. Adanya perspektif yang salah dari masyarakat barat terhadap muslim yang berfikir bahwa muslim adalah teroris mengakibatkan akses umat muslim untuk mengeksplor segala sesuatu menjadi terbatas.

Kuota Haji 2017 Kembali Normal

Ciputat – Setelah sempat menurun di tahun 2016 dengan angka 168.800 jamaah, akhirnya kuota haji kembali normal. Presiden Joko Widodo mengumumkan pemerintah Arab Saudi telah setuju menambahkan permintaan kuota sebanyak 10 ribu sehingga mencapai angka 221 ribu jamaah. “Indonesia menyampaikan penghargaan tinggi ke Arab Saudi atas tambahkan kuota haji. Penghargaan apresiasi atas upaya pemerintah Arab Saudi meningkatkan pelayanan haji,” kata Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Rabu (11/1). Menurut presiden, kenaikan kuota haji ini merupakan hasil dari kunjungan internasional ke Arab Saudi yang dilakukan pada tahun 2015 silam. Selain itu, dibandingkan tahun 2016 kuota haji menigkat 52.200. 2016 adalah kuota paling sedikit yang dicapai Indonesia dalam 10 tahun terakhir, pengurangan kuota itu disebabkan adanya dua insiden yakni di Mina dan crane rubuh pada tahun 2015.

RAZIA WARGA NEGARA ASING

RAZIA WARGA NEGARA ASING SULAWESI SELATAN, Seorang warga negara asing asal tiongkok di deportasi oleh kantor imigrasi kelas II Pare-pare Sulawesi Selatan. WNA ini diamankan saat berjualan perhiasan imitasi di sebuah pusat perbelanjaan di kota polopo. Huang Hua ying warga asal tiongkok ini dikarantina di kota imigrasi kelas II pare-pare sulawesi selatan. Huang ditangkap saat sedang berjualan perhiasan imitasi di di sebuah pusat perbelanjaan di kota polopo. Petugas juga menemukan 2 koper berupa jam tangan dan perhiasan imitasi Kepala imigrasi kelas II mengatakan “ Huang melakukan pelanggaraan imitasi karena menyalahgunakan visa b211 atau visa kunjungan.” Katanya. Huang masuk ke Indonesia lewat Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan datang ke makasar menggunakan visa kunjungan wisata. Huang tiba di Jakarta pada hari Rabu (11/1). Huang akan di deportasi ke negara asalnya tiongkok.

Harapan untuk Masjid Virginia Utara

Pada awal Januari 2017, warga muslim di Prince William County, Virginia Utara mereka telah mengajukan pembangunan masjid tersebut di atas lahan seluas 15 hektare. Selain membangun masjid, di lahan tersebut, mereka juga akan membangun gedung serbaguna untuk kegiatan-kegiatan antaragama. Namun rencana pembangunan masjid, yang diusulkan oleh All Dulles-Area Muslim Society selalu terbentur masalah administratif, seperti lokasi pembangunan masjid yang dianggap bermasalah oleh pemerintah Prince William County. Sejumlah pihak yang mendukung pembangunan masjid tersebut, menyoroti pembangunan dua gereja yang juga dibangun di atas lahan yang dianggap bermasalah. Izin pembangunan dua gereja itu pun telah dikeluarkan oleh pemerintah setempat. Pemerintah Prince William County dianggap menerapkan standar ganda dalam penerapan kebijakan pembangunan rumah ibadah. Salah satu anggota Northern Piedmont dari Pusat Kebijakan Publik Virginia Interfaith, Scott Kristen, berharap bahwasanya ide pembangunan masjid ini dianggap sebagai hal yang positif dan bukan hal yang dianggap bakal mengganggu mayarakat.

DPR Lantik Anggota Baru

DPR RI menyelenggarakan rapat Paripurna sekaligus membuka masa sidang III tahun 2016-2017, Selasa (10/01) digedung Nusantara II, senayan Jakarta Pusat . Sidang tersebut juga dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan pengganti antar waktu (PAW) anggota DPR RI, dan dihadiri 380 Anggota. Adapun Prolegnas RUU prioritas tahun 2017 sejumlah 500 RUU dengan rincian 32 RUU dari DPR, 15 RUU dari Pemerintah dan 3 Lainnya dari DPD, sebelumnya sudah ada beberapa RUU yang telah dibahas selama 3 kali masa sidang diantaranya RUU tentang Penyelenggaraan Pemilu, RUU tentang KUHP, dan RUU tentang Pemberantasan tindak Pidana Terorisme. Setya Novanto selaku ketua DPR RI, berharap pembahasan RUU untuk segera dirampungkan pembahasannya. “diharapkan Anggota DPR yang baru dilantik dapat berseinergi dalam memperjuangkan aspirasi Masyarakat” ujarnya pada Pidato Pembukaan rapat Paripurna.Kedapannya semoga RUU ini dapat segera dirampungkan pembahasannya sehingga apa yang menjadi kebutuhan Masyarakat dapat segera terpenuhi.

ISLAMOFOBIA

Puluhan warga muslim Amerika Serikat berdemonstrasi meminta hak perlindungan terhadap pemerintah, Jumat waktu setempat. Hal ini dikarenakan adanya tindakan diskriminasi yang diterima oleh umat muslim Amerika Serikat. sebagai bentuk kekecewaan terhadap masyarakat barat yang bertindak tidak sesuai sengan peri kemanusiaan yang semakin hari kian mengkhawatirkan. Hal ini diperkuat dengan adanya pidato Donald Trump yang menyatakan pro terhadap Islamopobia. Adanya perspektif yang salah dari masyarakat barat terhadap muslim yang berfikir bahwa muslim adalah teroris mengakibatkan akses umat muslim untuk mengeksplor segala sesuatu menjadi terbatas.

Total Hadiah Indonesia Open 2017 Kalahkan All England

Jakarta- Turnamen level Superseries Premier merupakan kejuaraan bulu tangkis paling ditunggu pebulutangkis dunia. Selain dari segi hadiah yang diperoleh cukup banyak, juga merupakan turnamen bergengsi dikalangan pebulu tangkis. BWF sebagai induk tertinggi bulu tangkis akan mulai menggelar turnamen mulai dari Superseries Premier, Superseries, dan lainnya pada sepanjang tahun 2017. Indonesia kembali masuk dalam turnamen elit tersebut. Indonesia terdaftar bersama empat negara lainnya seperti Malaysia, Korea, Jepang dan China. Hadiah yang ditawarkan oleh penyelenggara Indonesia Open pada 2017 kabarnya akan lebih besar dari tahun sebelumnya. Indonesia Terbuka nanti tertulis hadiah senilai 1 juta dollar atau setara dengan Rp. 13 miliar. Mengalahkan turnamen sekelas All Angland yang digelar dilondon dengan hadiah 600.000 dollar AS atau sekitar Rp. 8 miliar, Rabu (11 Januari 2017). Indonesia open superseries 2017 akan digelar di Istora senayan, Jakarta. Dengan harga tiket yang dijual beragam, kita bisa menikmati sajian pemain kelas dunia. Turnamen bergengsi ini disetiap tahunnya mengalami peningkatan dalam jumlah hadiah, ini yang membuat menarik.

persiapan keamanan

PERSIAPAN KEAMAANAN OLEH POLDA JABAR TERKAIT PEMERIKSAAN KETUA FPI Polda jawa barat akan mengadakan pemeriksaan terhadap habib riziq syihab terkait kasus dugaan penodaan terhadap lambang dan dasar negara indonesia pancasila, kamis 12 januari 2017. Polisi akan mengadakan pengamanan guna menertibkan jalannya pemeriksaan dan mengantisipasi terjadinya kerusuhan. Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, akan ada banyak massa yang datang ke kantor polda jawa barat untuk mengawasi jalannya pemeriksaan dan di antara massa yang datang tersebut ada yang pro terhadap habib riziq dan kontra. Jumlah pasukan keamanan belum di tentukan dan akan di sesuaikan dengan jumlah massa yang datang. "Insya Allah besok saya akan ke Polda Jabar, saya akan ikut pemeriksaan dengan semestinya," jelas habib Rizieq saat audiensi dengan pimpinan DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 11 januari 2017.

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Dimulai ?

Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia, khususnya yang ada dipulau jawa digemparkan dengan isu proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang hanya ditempuh selama 20 menit. Tidak cukup disitu, selain kecepatan waktu yang sangat tidak mungkin, harga tiket yang ditawarkan pula sangat tidak mungkin. Dengan membayar Rp.2.000.000,00 maka penumpang dapat tiba di Bandung dengan sangat cepat. Proyek yang isunya diusulkan oleh bapak Negara ini banyak menuai pro dan kontra. Bagi msayarakat ber-ekonomi kelas atas, mengeluarkan uang sebesar Rp.2.000.000,00 bukan merupakan hal yang sulit, lain halnya dengan masyarakat yang memiliki golongan ekonomi menengah kebawah, mereka akan berfikir berkali-kali tentang uang, jarak, dan waktu yang mereka hadapi. Padahal pada kenyataanya mayoritas masyarakat di pulau jawa berasal dari golongan ekonomi menengah kebawah. Kereta cepat tersebut tetaplah menjadi isu hingga saat ini. Pasalnya, belum terlihat pergerakan persiapan pembangunan di sekitar daerah ibukota. Proses pembuatan monorel juga merupan proyek yang belum selesai, sehingga apabila membangun proyek yang baru, maka proyek yang lama akan terabaikan. Selainitu, biaya yang besar bagi pemerintah dan masyarakat mungkin menjadi alasan kuat mengapa hal tersebut akan menjadi isu dalam kurun waktu yang akan lama.

Isu bangkitnya PKI dan Komunisme di Indonesia saat ini

Jakarta – Akhir–akhir ini banyak beredar isu tentang bangkitnya PKI dan Komunisme di Indonesia. Isu ini berkembang dengan adanya penemuan kaos bahkan sticker Palu Arit di beberapa daerah di Indonesia. Palu Arit merupakan lambang dari Partai Komunis Indonesia (PKI) atau komunis yang banyak orang ketika mendengar atau melihat tentang PKI akan merasa merinding bahkan takut. Bangkitnya PKI saat ini sudah di ketahui oleh Mayjen TNI (purn) Kivlan Zen yang mengungkapkan bahwa adanya tanda hidupnya kembali PKI. Sudah banyak ditemukan orang yang memakai Kaos Palu Arit serta atribut lainnya yang berbau komunis. Hal ini membuat kalangan masyarakat yang melihat menjadi tegang karena takut PKI akan bangkit kembali. Presiden Jokowi tidak tinggal diam dengan adanya isu ini. Beliau memerintahkan ke Kapolri dan Panglima TNI untuk menghentikan upaya kebangkitan PKI. Namun, Presiden Jokowi mengatakan Kapolri dan Panglima TNI tetap menghormati kebebasan berpendapat seperti yang disampaikan TAP MPR Nomor 1 Tahun 2003

isu penghapusan UN 2017

Isu Penghapusan UN 2017 Isu penghapusan UN yang rencananya dilakukan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) Muhajir Effendy telah mengumumkan recananya akan menghapuskan Ujian nasional yang akan dilakukan 2017. Ia juga mengaku telah melaporkannya kepada presiden jokowi, namun presiden jokowi menilai agar kebijakan ini perlu ditinjau kembali. Mesi akan dihapuskan Mendikbud telah menyiapkan pengganti ujian nasional yang mulai dihhapuskan 2017 yaitu menyerahkan pelaksanaan ujian kepada pemerintah daerah. Ujian kelulusan mulai dari SD sampai SMA sederajat akan diserahkan padakota dan kabupaten, namun keputusan tersebut belum sampai tahap final dan harus masih dipikirkan matang matang.

Menyingkap Pelaku Pembunuhan Mahasiswi UMJ

Jakarta - Satuan Reskrim Polsek Jakarta Timur dan Polsek Jakarta berhasil mengungkap pelaku kasus pembunuhan seorang mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Murniati, yang tewas pada hari Selasa pukul 03.00 W.I.B (10/01/2017) di kediamannya, di Jalan Makmur, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur. Pelaku pembunuhan tidak lain adalah kakak kandungnya sendiri yang berinisial AR. Berdasarkan informasi yang diperoleh, polisi menyatakan bahwa kakak kandung korban telah ditetapkan sebagai tersangka setelah dilakukan pemeriksaan intensif terhadapnya. Hal itu juga dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur AKBP Sapta Maulana. Namun, motif yang dilakukan tersangka belum dideklarasikan oleh pihak kepolisian dan akan segera dirilis di Polres Metro Jakarta Timur.

Harga Cabe Melambung Tinggi

Cabe yang menjadi salah satu bahan pokok kini melambung tinggi harganya. Membuat masyarakat geleng kepala terutama para ibu rumah tangga. Harga cabe rawit merah di pasar arriyad mencapai 120.000/kg dari sebelumnya yang hanya 30.000/kg. Faktor cuaca yang membuat cabe rawit merah menjadi mahal,”karena cuaca yang kurang bagus dari menjelang tahun baru sampai sekarang, pasoka cabe kita menurun permintaan meningkat,” ujar tuti pedagang cabe. Harga dari para petani cabe 70.000/kg ada juga yang mencapai 80.000/kg. Kenaikan ini tidak membuat pemerintah impor ke luar negri, (11/1) Jakarta Selatan.

Isu Kesehatan di Indonesia

Diki Mujianto Kelompok 6 Pemerintah Koalisi di Indonesia sudah beberapa kali mencoba melakukan pemotongan anggaran kesehatan, namun kesemuanya ditentang oleh Oposisi di parlemen karena berdampak kepada masyarakat yang membutuhkan anggaran tersebut. Yang pertama adalah pemotongan anggaran kesehatan besar-besaran dalam RAPBN 2016. Karena ditentang, pemerintah membatalkan rencana mengenai biaya bagi pasien ikut membayar setiap kali mengunjungi dokter (tidak lagi sepenuhnya tiditanggung asuransi BPJS). Rencana pemerintah lainnya adalah menghapus intensif bagi perusahaan patologi setiap kali melakukan pemeriksaan terhadap pasien. Oposisi menyatakan akan menentang rencana ini. MUDA KREATIF PRODUKTIF

Konsep Debat Kandidat Calon Gubernur Jakarta

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta bersiap menggelar debat kandidat calon Gubernur DKI Jakarta. Berlangsung pada Jumat, 13 Januari 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta yang mengangkat tema Pembangunan Sosial Ekonomi untuk Jakarta. Konsep debat yang digunakan adalah dialog untuk pendalaman gagasan, ide, dan visi-misi program calon dengan cara menjawab pertanyaan dan menanggapi pernyataan. Debat terbuka ini merupakan salah satu media yang difasilitasi KPU sebagai penyelenggara pilkada untuk membantu masyakarat mengenal dan mengetahui program kerja masing-masing calon. Dari tema Pembangunan Sosial Ekonomi untuk Jakarta dielaborasi tiga isu sosial ekonomi meliputi (1)kesenjangan ekonomi, (2)lingkungan, transporasi, tata kota, dan banjir, dan (3)pendidikan, keamanan warga, pendidikan karakter, resolusi konflik dan kehidupan masyarakat Jakarta. Dalam debat tersebut Komisioner KPU DKI Jakarta Bidang Sosialisasi Betty Epsilon Idroos menjelaskan debat public pertama ini akan dibagi ke dalam enam sesi. Debat pertama ini ditunjuk KPU DKI Jakarta yaitu Ira Kusno yang merupakan jurnalis dan presenter televisi Adapun pinalis yang disiapkan merupakan para ahli dari berbagai bidang untuk merumuskan permasalahan yang harus ditanggapi para calon. Debat akan disiarkan langsung oleh tiga stasiun televise yaitu, NET, TV ONE, dan Jawa Pos pukul 20.00 WIB.

RAZIA “OM TELOLET OM”

Di kutip dari akun facebook Poldametrojayadotinfo, Polda Metro Jaya akan tilang kendaraan berklakson telolet karena tak sesuai standar. Mulai rabu 21 desember 2016, polisi akan menindak tegas pengendara yang memasang klakson telolet. Alasannya, klakson yang kerap digunakan para supir bus dan truk itu dinilai melanggar aturan lalu lintas. Kasubdit Gakkum Dirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budianto menjelaskan, pihaknya melarang penggunaan klakson jenis itu karena dinilai mengganggu pengendara lainnya. “Nanti orang akan kaget dong. Kan bunyinya sangat keras, sehingga konsentrasi pengendara akan hilang arah sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan,” kata AKBP Budianto di Jakarta, Rabu (21/12/2016). AKBP Budianto menjelaskan, penggunaan klakson seperti itu sama saja dengan pemasangan sirine pada kendaraan non operasional polisi. “Modelnya sama. Masyarakat umum tak boleh mengunakan. Itu melanggar pasal 227 UU No 22 Tahun 2009 tentang angkutan jalan,” tutur AKBP Budianto. Fenomena ‘Om Telolet Om’ viral di media sosial dalam beberapa hari belakangan. Fenomena tersebut merupakan fenomena masyarakat yang berteriak atau menuliskan kalimat ‘Om telolet Om’ di pinggir jalan untuk mendengarkan bunyi klakson dari bus yang melintas. Beragam video diunggah di media sosial mengenai fenomena tersebut. Alhasil, video tersebut banyak mengundang reaksi dari para netizen. Tak hanya masyarakat awam, sejumlah selebritas lokal maupun internasional menanggapi fenomena tersebut.

Konsep Debat Kandidat Calon Gubernur Jakarta

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta bersiap menggelar debat kandidat calon Gubernur DKI Jakarta. Berlangsung pada Jumat, 13 Januari 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta yang mengangkat tema Pembangunan Sosial Ekonomi untuk Jakarta. Konsep debat yang digunakan adalah dialog untuk pendalaman gagasan, ide, dan visi-misi program calon dengan cara menjawab pertanyaan dan menanggapi pernyataan. Debat terbuka ini merupakan salah satu media yang difasilitasi KPU sebagai penyelenggara pilkada untuk membantu masyakarat mengenal dan mengetahui program kerja masing-masing calon. Dari tema Pembangunan Sosial Ekonomi untuk Jakarta dielaborasi tiga isu sosial ekonomi meliputi (1)kesenjangan ekonomi, (2)lingkungan, transporasi, tata kota, dan banjir, dan (3)pendidikan, keamanan warga, pendidikan karakter, resolusi konflik dan kehidupan masyarakat Jakarta. Dalam debat tersebut Komisioner KPU DKI Jakarta Bidang Sosialisasi Betty Epsilon Idroos menjelaskan debat public pertama ini akan dibagi ke dalam enam sesi. Debat pertama ini ditunjuk KPU DKI Jakarta yaitu Ira Kusno yang merupakan jurnalis dan presenter televisi Adapun pinalis yang disiapkan merupakan para ahli dari berbagai bidang untuk merumuskan permasalahan yang harus ditanggapi para calon. Debat akan disiarkan langsung oleh tiga stasiun televise yaitu, NET, TV ONE, dan Jawa Pos pukul 20.00 WIB.

Penambahan Kuota Haji Bagi Indonesia

Sejak mengalami pemotongan kuota haji sebesar 20% dari tahun 2013-2016 dari 211.000 jamaah menjadi hanya 168.800 jamaah. Pemotongan ini tidak hanya terjadi Di Indonesia saja melainkan juga negara negara lainnya hal ini disebabkan karena perluasan fasilitas dan wilayah sekitar masjidil haram. Pemerintah Indonesia tidak tinggal diam dalam hal ini pemerintah indonesia melakukan kerjasama dengan kementrian haji arab saudi. Kerjasama ini disambut manis oleh pemerintah arab saudi dengan pengembalian kuota normal haji sebanyak 211.000 jamaah, dan hal lain lagi adanya penambahan 10.000 kuota dari kuota normal haji sehinggan kuota haji indonesia 221.000 jamaah

Rencana Aksi Besar GNPF MUI pada 11 Februari

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) berencana menggelar aksi pengerahan massa pada 11 Februari 2017. Hal ini disampaikan oleh penasehat GNPF – MUI, Rizieq Syihab, saat berkunjung ke kompleks parlemen, Senayan pada 11 Januari 2017. Menurut Rizieq Syihab, dalam aksi itu GNPF – MUI akan berdoa demi tercapainya keamanan pemilihan umum kepala daerah di Jakarta. Selain doa bersama soal pilkada, GNPF MUI akan melakukan aksi jalan sehat 212. Rencananya rute jalan sehat diawali dari tugu Monumen Nasional ke Bundaran Hotel Indonesia. “Ingat jalan sehat 212 tanggal 11 Februari 2017,” tuturnya.

Gerakan Mahasiswa Reformasi Jilid 2

JAKARTA - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia berencana akan menggelar unjuk rasa pada Rabu (12/1/2017). Ratusan ribu aktivis mahasiswa siap kembali turun ke jalan menuntut reformasi jilid 2 ditengah kondisi negara carut marut dari segi hukum, politik dan ekonomi. Mereka mendesak pemerintahan Jokowi-JK agar tidak sewenang-wenang dalam menetapkan kebijakan, terlebih terkesan saling lempar tanggungjawab. Koordinator Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia, Bagus Tito Wibisono mengatakan dipastikan para aktivis mahasiswa dari berbagai daerah bakal “turun ke jalan” ke Jakarta. Banyak masyarakat yang mengeluh kepada kami mahasiswa bahwa harga- harga kebutuhan rakyat makin naik melambung tinggi, hal ini yang membuat kami resah, ujarnya dalam wawancara di tvone, Selasa (11/1/2017) dalam acara Apa Kabar Indonesia Malam. Sebelumnya BEM Seluruh Indonesia telah mendatangi Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, untuk menyampaikan jeritan rakyat ini.

Mahasiswa Indonesia Usungkan Reformasi Jilid II

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Indonesia akan mengadakan aksi unjuk rasa yang akan di adakan (12/1/2017) mendatang. Berbagai macam problema dan unek-unek di bangsa ini akan disampaikan kepada pemerintah. Sebab, saat ini Indonesia berada dalam berbagai macam krisis. Namun kinerja dari pemerintah tidak menunnjukkan keberpihakannya kepada rakyat. Tito Wibisono selaku coordinator BEM se-Indonesia. Wibisono mengataan, mahasiswa dan rakyat tak boleh diam dalam meliahat persoalan yang menimpa Negara ini.. sebaliknya, mahasiswa harus bangkit dan bersatu untuk menyampaikan persoalan bangsa kepada pemerintah. Sejak bangsa ini berada dibawah kekuasaan Jokowi, banyak masalah yang timbul dan banyak pula masalah yang tak terselesaikan. Padahal dengan kekayaan sumber daya alam seharusnya negara ini bisa makmur dan sejahtera, namun kenyataannya tidak, bahkan bangsa ini semakin lama semakin miskin.

Mengenang Sosok Gus Dur Dalam Acara Haul ke-7nya

Acara haul Gus Dur ke-7, yang dirancang oleh Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang tergabung dari beberapa organisasi intra-ekstra Kampus, telah terselenggara dengan berlokasi di Student Center (SC) UIN Jakarta Kamis (29/12/2016). Acara ini dihadiri oleh sekitar 600 orang jumlah peserta yang begitu antusias. Keresahan atas issue intoleransi yang ada, dan kerinduan dari berbagai pihak mahasiswa terhadap sosok Gus Dur menjadi alasan diselenggarakannya acara ini. “Dengan diadakan pembuatan 1000 tanda tangan untuk dukungan toleransi di Indonesia dalam acara ini, diharap bisa menjadi salah satu cara untuk bisa mendongkrak semangat dalam melanjutkan perjuangan Gus Dur dalam toleransi, seperti yang terkenang oleh kebanyakan orang perindu sosok Gus Dur”, ujar Rausyan (Ketua pelaksana acara) saat diwawancarai pada hari Sabtu, 31 Desember 2016. Selain itu, dalam acara ini juga membuka penggalangan dana untuk pembangunan Madrasah-Madrasah yang ada di Aceh, untuk memperingati 12 tahunnya tsunami Aceh. Acara ini turut dihadiri oleh keluarga Gus Dur dan beberapa tokoh lain, seperti Alissa Wahid (putri Gus Dur), Mas Priyo Sambadha (kerabat Gus Dur), dan Romo Sandyawan (aktivis kemanusiaan). Alissa mengatakan dan menggambarkan akan sosok sang Ayah yang baik, tenang, luwes, dengan sikapnya yang sama tanpa ada perbedaan ketika di rumah maupun di luar rumah. Priyo (kerabat Gus Dur) juga mengatakan, bahwasannya pada masa kepemimpinan Gus Dur itulah kali pertamanya Istana Negara dibuka dengan bebas untuk semua lapisan masyarakat. Selaku ketua pelaksana acara haul ke-7 Gus Dur, Rausyan Fikry Muhammad (Mahasiswa jurusan ilmu hukum, Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Jakarta) mengatakan betapa pentingnya acara tersebut. “Di tengah kegoncangan akan toleransi, di situasi yang seperti ini, beliau merupakan sosok yang kami rindu dan butuhkan” tuturnya.

KEKERASAN MILITER MYANMAR MELATAR BELAKANGI TERJADINYA EKSODUS

MYANMAR-Konflik antara Muslim Rohingya dan penduduk Myanmar tidak pernah usai. Lebih dari 65.000 Muslim Rohingya melakukan eksodus. Sebagian besar tujuan eksodus adalah Bangladesh. Duta HAM PBB Myanmar Yanghee mendata bahwa sekitar 22.000 warga Rohingya bereksodus ke Bangladesh. Di Myanmar, etnis Rohingya tidak diakui sebagai warga negara, akibatnya Muslim Rohingya kesulitan memperoleh kesehatan, pendidikan, dan perumahan yang layak untuk dihuni. Kekeresan yang dilakukan tentara Myanmar pun tak pernah usai, hal ini yang menyebabkan Muslim Rohingya bereksodus ke negara lain. Para pengungsi Muslim Rohingya di Katupalong, Bangladesh menceritakan kengeriaan yang dilakukan militer Myanmar. Banyak tentara Myanmar membunuh anak-anak, ada yang digorok dan ada juga yang dibakar hidup-hidup dan banyak juga para perempuan yang dilecehkan dan diperkosa. Jika dilihat secara umum hal yang melatar belakangi kekerasan militer Myanmar hingga saat ini adalah agama. Tetapi menururt para ahli latar belakang ini bersifat politik dan ekonomis, sedangkan dilihat dari sisi geografisnya wilayah Rakhine merupakan wilayah yang penduduknya mayoritas beragama Islam dan kaya akan sumber daya alam namun kenyataannya tingkat kemiskinan penduduknya sangat tinggi.

Komentar (1)

Fresh