Hantu Endemik Indonesia | OPINI.id

Kalau Amerika punya drakula di Indonesia sendiri justru punya beragam jenis hantu yang populer dan menyeramkan

Indonesia Kaya Mistis

Selain kaya akan budaya dan keberagaman, Indonesia juga punya sisi misteri. Salah satunya adalah banyaknya hantu-hantu lokal yang sangat terkenal dan jadi urban legend di kalangan masyarakat. Berikut ini adalah hantu-hantu yang ada di Indonesia yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

1. Hantu Pocong

Hantu ini paling sering dibicarakan dikalangan masyarakat. Apalagi jika ada tetangga yang konon tali ikat pocongnya lupa dibuka. Tentu saja hal ini bisa memunculkan hantu pocong yang meminta tolong untuk dibukakan ikatan kain kafannya.

2. Hantu Kuntilanak

Selain pocong adalagi hantu yang kerap dibicarakan dikalangan masyarakat, bahkan sampai sekarang ini. Sosok kuntilanak dipercaya sebagai perempuan hamil dan meninggal dunia. Konon hantu ini menyukai pohon tertentu sebagai tempat bersemayamnya.

3. Hantu Tuyul

Jika ada tetangga yang kehilangan uang mendadak, sudah pasti hantu ini yang jadi sasaran utamanya. Konon Tuyul itu adalah hantu anak kecil atau orang kerdil dengan kepala gundul. Biasanya hantu ini dipekerjakan untuk mencuri uang.

4. Hantu Sundel Bolong

Sundel bolong adalah hantu yang kerap dikisahkan sebagai perempuan yang tewas terbunuh karena diperkosa atau melahirkan anaknya di dalam kubur.

Penampilan hantu ini sangat menyeramkan, terdapat sebuah lubang pada punggungnya sehingga organ tubuhnya terlihat.

5. Hantu Genderuwo

Masyarakat Jawa mengenalnya sebagai makhluk halus yang berwujud tinggi besar, kekar dan dipenuhi bulu lebat di seluruh tubuh. Cerita-cerita misteri menyebutkan bahwa Genderuwo suka mengubah fisik menjadi seorang pria dan menghamili perempuan.

6. Hantu Wewe Gombel

Biasanya ada larangan anak kecil itu main diluar kalau udah gelap. Soalnya ada mitos yang menyebutkan hantu wewe gombel doyan menculik anak kecil.

Menurut cerita, hantu ini adalah roh wanita yang meninggal bunuh diri karena dikejar masyarakat yang menuduhnya membunuh sang suami yang berselingkuh. versi lainnya menyebutkan kalau kejadian ini kerap kali terjadi di kawasan Gombel, Semarang.

7. Hantu Minangkabau Palasik

Seram inilah cerita hantu palasik. Ini adalah urban legend masyarakat Minangkabau. Palasik adalah sejenis makhluk Gaib yang bukanlah hantu tetapi manusia yang punya ilmu hitam tingkat tinggi.

8. Hantu Leak Bali

Menurut cerita rakyat di Bali, Leak adalah penyihir jahat. Sekilas hampir mirip dengan Palasik di Minangkabau. Hanya saja, Leak di siang hari terlihat seperti manusia biasa.

Sedangkan saat malam tiba, sosoknya sangat menyeramkan. Hantu ini juga dipercaya ada di pemakaman saat malam hari untuk mengambil organ dalam jenazah yang dipakai sebagai ramuan sihir.

9. Hantu Suster Ngesot

Sebagian orang mengetahui sosok hantu ini pasti dari sebuah film horor. Faktanya, Rumah Sakit di jalan Salemba Jakarta dipercaya sebagai lokasi pertama penampakan suster ngesok. Ini adalah hantu suster korban perkisaan yang akhirnya dibunuh dengan bagian luka parah pada kakinya.

10. Hantu Pastur Jeruk Purut

TPU Jeruk Purut di Jakarta dipercaya memiliki sosok hantu yang menyeramkan. Disebutkan pada tahun 1986, ada sosok pastur tanpa kepala yang melintas di pemakaman yang mencari makamnya.

Konon hantu ini akan menampakan dirinya kalau kamu datang ke pemakaman tersebut dengan jumlah ganjil (sendiri atau bertiga)

Komentar

Fresh