Rekomendasi Buku di Hari Buku Nasional | OPINI.id

Hari Buku Nasional telah dirayakan untuk yang ke-15 di Indonesia. Peringatan Hari Buku Nasional pertama kali diselenggarakan pada tanggal 17 Mei 2002 oleh Menteri Pendidikan Nasional pada masa itu, Bapak Abdul Malik Fadjar. Di Hari Buku Nasional ini ada beberapa rekomendasi buku yang mau ku bagikan nih. Let's check it out :)

1. The Joshue Files

Aku tipikal orang yang suka baca buku adventure dan traveling. Nah, salah satu rekomendasi buku pertama yang mau kubagi adalah The Joshua Files. Buku ini mengisahkan kehidupan Joshua yang lekat dengan mitologi Penanggalan Bangsa Maya Kuno tentang peristiwa bencana yang akan terjadi pada bulan Desember 2012. Perjalanan hidup yang penuh misteri dan adegan pembunuhan ini terdiri dari 5 seri buku, yakni Invisible City, Ice Shock, Zero Moment, Dark Parralel dan Apocalypse Moon.

2. The Girl with The Dragon Tattoo

The Girl with the Dragon Tattoo merupakan novel mega bestseller di Eropa. Novel dengan genre thriller ini mengisahkan perburuan pembunuh berantai dan pencarian orang hilang. Cerita dalam novel ini berkaitan dengan kejahatan kriminal tingkat atas di Swedia. Penyelidikan kasus pembunuhan dan pencarian orang hilang ini melibatkan Michael Blomkvist, seorang jurnalis investigatif dan Lisbeth Salander, gadis punk asosial yang jenius dan memiliki memori fotografis dan keahlian hacking. The Girl with the Dragon Tattoo berlanjut dalam novel The Girl Who Kicked The Hornets' Nest, The Girl Who Played With Fire dan The Girl in the Spider's Web yang baru saja terbit.

3. Kode-Kode Nusantara

Setelah dua rekomendasi novel luar negeri, kini aku akan memberikan rekomendasi dari dalam negeri, buku "Kode-Kode Nusantara." Sebuah buku sains budaya dengan judul "Kode-Kode Nusantara: Telaah Sains Mutakhir atas Jejak-jejak Tradisi di Kepulauan Indonesia" ini menjabarkan tentang fakta-fakta sains yang berhasil diteliti di balik ragam kekayaan budaya tradisonal di Nusantara. Hubungan kekerabatan budaya di kepulauan Nusantara digambarkan dalam peta kekerabatan motif batik, peta kekerabatan lagu, peta kekerabatan arsitektur dan kekerabatan ornamen arsitektur di Nusantara. Buku ini juga menjelaskan tentang sains modern yang terkodekan di balik budaya tradisi seperti rumus matematika fraktal di balik motif batik, batuan sumber musik litofonik di Situs Gunung Padang dan rumus-rumus matematika yang ditemukan di ornamen serta arsitektur nusantara.

Komentar

Fresh