Ada Bangkai Hewan Raksasa di Laut Maluku | OPINI.id

Seekor hewan raksasa misterius ditemukan seorang nelayan bernama Asrul di Pantai Hulung, Desa Lha, Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, lusa lalu. Orang-orang di sekitar sana tak menyangka hewan yang mereka lihat. Bahkan tak ada yang tahu itu hewan apa. Hmm... seperti apa ya penampakannya?

Panjangnya 22 Meter

Hewan raksasa yang sudah mati dan mengambang di pesisir pantai itu memiliki panjang 22 meter, lebar 8 meter. Di bagian depannya, hewan ini memiliki dua taring sepanjang 5,5 m dan diameter 13 m, 4 tangan/sirip, 2 di bagian belakang dan 2 di depan. Panjang masing-masing tangan/sirip adalah 2,50 m.

Menimbulkan Bau Tidak Sedap

Bangkai hewan raksasa ini juga menimbulkan aroma tidak sedap. Menurut penuturan Dandim 1502/Masohi Letkol Inf Achmad Fikri Dalimunte, bahkan bau tidak sedapnya hingga radius 500 meter dari TKP. Kematian hewan raksasa itu ikut mematikan ikan-ikan kecil dan teripang di sekitar TKP. Beberapa warga di sana pun khawatir limbah bangkai hewan raksasa ini akan meracuni laut mereka. Mereka ingin segera diangkat dan dibersihkan.

Belum Teridentifikasi Jenisnya

Sampai saat ini, hewan raksasa yang terdampar dan mati itu belum diketahui nama dan jenisnya. Ada yang mengatakan itu cumi-cumi, ada juga yang bilang paus. Menurut penutran Staf Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (LPSPL) Sorong Satuan Kerja Ambon, Nasrun, hewan itu paus jenis sperm whale karena ada tulang bangkai raksasa. Tapi nelayan di sekitar mengira itu cumi-cumi raksasa.

Menunggu Hasil Identifikasi Tim Riset

Simpang siurnya jenis hewan raksasa ini masih menunggu hasil identifikasi dari Tim Riset Kementrian Kelautan dan Perikanan. "Belum bisa dipastikan untuk jenisnya karena bentuk dari binatang tersebut sudah hancur. Dari Kementerian Kelautan dan Perikanan mengambil example untuk diteliti lebih lanjut," ujar Dalimunthe seperti dikutip detik.com (https://news.detik.com/berita/3498691/menanti-hasil-identifikasi-kkp-soal-hewan-raksasa-di-laut-maluku)

Masuk Berita Dunia

Ditemukan hewan raksasa yang mati dan mengambang di pantai di Maluku ini ikut menggemparkan dunia. Media internasioal seperti The Washington Post ikut memuat berita ini di laman mereka berjudul "Massive sea creature washes up on Indonesian beach". Wah, jadi penasaran. Semoga cepat keluar ya hasil dari Tim Riset KKP!

quote-mark

Semua foto yang dimuat berasal Dok. Pendam Pattimura yang diambil dari beberapa berita online.

Komentar

Fresh