Tips Tampil Fashionable untuk Mahasiswa | OPINI.id

Sebagai anak muda yang belum memiliki banyak tanggungan, lebih baik hemat pengeluaranmu untuk membeli barang-barang mahal. Cukup pakai tas dan sepatu seadanya. Sepatu yang kuat dipakai jalan berkali-bekali, tas yang tahan banting membawa modul kuliah, dan gunakan pakaian yang sekadarnya saja, tanpa perlu harus mahal dan mewah. Kamu mau ke kampus, kan, bukan ke sebuah pesta?

1. Harus Produk Lokal, atau KW?

Pahamilah bahwa, menggunakan produk lokal lebih baik ketimbang membeli produk KW agar terlihat lebih berkelas. Memang, ada banyak sekali barang bermerek yang dijual bebas di pasaran mulai dari 50 ribu sampai 300 ribuan. Ada label ZARA, Hermes, dan merek ternama lain yang jika dipakai akan membuatmu merasa wah. Eh, tapi malu dong, masa pakai produk KW? Kenapa tidak membeli barang keluaran lokal saja? Ada banyak lho, tas lokal berkualitas dan trendy yang cocok digunakan untuk pergi ke kampus. Kamu pun akan terlihat keren karena bangga memakai produk lokal alih-alih memakai barang KW.

2. Preloved Stuff, Why Not?

Di dunia Instagram, ada banyak pakaian preloved atau barang yang tidak baru lagi. Biasanya, pemilik menjualnya karena butuh uang, atau sekadar ingin merampingkan isi lemari. Pakaian yang dijual ini tentu saja masih dalam keadaan baik, bagus, dan mengambil istilah para seller preloved; no defect. Sekadar ke kampus, kamu masih bisa tampil gaya dengan membeli barang-barang preloved tersebut. Tinggal pilih mana yang sesuai selera kamu dan jangan lupa, mix & match dengan aksesori yang tepat. Pasti, kamu akan tampil fashionable tanpa harus menghabiskan banyak uang.

3. Be A Trendsetter, not Followers.

Sebetulnya sah-sah saja menjadi followers seseorang. Tapi jika bisa menjadi trendsetter, kenapa harus jadi followers? Dalam hal ini, berpakaian. Kamu harus mulai percaya diri untuk tampil sesuai seleramu dan sesuai dengan apa yang kamu miliki. Tidak perlu ikut-ikutan ingin pakai ini itu biar terlihat kekinian, tapi yang ada uang jajanmu malah habis terkuras untuk memanjakan egomu. Ada banyak cara untuk tampil fashionable tanpa harus menyiksa isi kantong atau dompetmu. Nah, semoga tips di atas dapat membantu!

Komentar (1)

Fresh