Social Climber? Awas Penyakit Menular! | OPINI.id

Kalian pasti pernah nemuin orang yang sering pamer kekayaan di sosial media. Padahal sih aslinya nggak kaya-kaya banget. Malah gosipnya dia anak kurang mampu, tapi dipaksain pamer demi dipuji dan status sosialnya dipandang tinggi. Oke, dia resmi terjangkit "penyakit" Social Climber!

Traveling Ibarat Lompati Pagar

Bulan ini ke Bali, besok ke Malang, bulan depannya ke Lombok. Kalau ngeliatin foto sama status-statusnya di sosmed, berasa kayak jarak pulau ke pulau dekat banget. Punya pohon duit kali ya? Eittsss siapa yang tahu kalau dia minta sama orangtuanya?

Berburu Spot Berbahaya

Bukan cuma jalan ke tempat-tempat yang mewah, penderita Social Climber kadang suka bertingkah nekat. Demi menghasilkan foto yang keren, mereka sampai menomorduakan keselamatan.

Pamer Restauran Mewah

Kalau mau makan atau cari tempat nongkrong juga pilih-pilih. Harus berkelas biar orang yang ngelihat "wahhhh... ". Padahal yang dibeli makanan harga murah, atau malah minumannya saja. Mereka nggak peduli tuh, yang penting bisa pamer.

Lagi Senang Berteman, Lagi Susah Pura-Pura Nggak Kenal

Bukan cuma traveling dan tempat makan yang pilih-pilih, berteman pun demikian. Penderita Social Climber lebih suka berteman dengan orang-orang sepemikiran, yang bisa diajak hura-hura dan berburu hal-hal mewah. Tapi kalau temannya ada apa-apa mereka cuek tuh

Pakai Barang Mewah Berlebihan

Bisalah bedain mana orang yang beneran kaya sama orang yang sok kaya. Kalau orang yang sok kaya, biasanya suka pakai barang-barang mewah secara berlebihan. Bawa gadget banyak terus dikeluarin semuanya biar orang lain pada lihat. Intinya, dia mau bilang, "Lihat nih, gue punya lima handphone. Elo paling cuma satu, terus harganya yang 3 jutaan doang."

Suka Cerita Tentang Kekayaan

Kalau dari pamer secara tindakan dicuekin, penderita Social Climber nggak bakal nyerah. Mereka akan pamer secara lisan. Nggak peduli yang dengar itu dari kalangan kaya atau menengah ke bawah. "Duh, tadi mobil saya yang baru beli seminggu lalu kena gores orang. Mending servis atau beli baru ya?

Komentar

Fresh