Startup Lokal Jagoan | OPINI.id

Setelah Go-Jek Indonesia melampaui status startup unicorn, kini publik Indonesia tengah menanti startup yang segera menyusul. Beberapa startup besar diyakini mempunyai peluang menggenggam status unicorn, seperti Tokopedia dan Traveloka. Tak hanya itu, terdapat sejumlah startup yang tengah berkembang pesat. Berikut ini profil sejumlah startup lokal jagoan.

Go-Jek Indonesia

Gak sampai satu tahun, Go-Jek mampu meraih investasi senilai $1,75 miliar. Go-Jek didirikan oleh Nadiem Makarim dan co-founder Michaelangelo Moran dan Brian Cu pada 2010. Saat ini, Go-Jek memiliki 11 layanan, lebih dari 200 ribu pengendara, dan beroperasi di 10 kota di Indonesia. Dengan estimasi valuasi mencapai $3 miliar.

Tokopedia.com

Tokopedia merupakan startup yang bergerak di bidang online marketplace. Didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 2009. Saat ini, Tokopedia telah menerima pendanaan investor senilai $247,7 juta. Berdasarkan data SimilarWeb, aplikasi Tokopedia berada di tempat kedua dari daftar aplikasi paling sering dipakai dari smartphone Android di Indonesia.

Traveloka.com

Startup e-commerce di bidang travel, Traveloka didirikan oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma dan Albert pada 2012. Data SimilarWeb menunjukkan, Traveloka memiliki 15,20 juta pengunjung hingga pertengahan April lalu. Selain itu, aplikasi Traveloka merupakan aplikasi terpopuler nomor 10 pada kategori travel di Indonesia.

e-Fishery.com

e-Fishery memproduksi alat pemberi pakan ikan otomatis, dan dapat dioperasikan melalui smartphone Android. Didirikan oleh Gibran Chuzaefah Amsi El Farizyini pada akhir 2013. Saat ini, e-Fishery sedang menjalankan proyek percontohan di Thailand dan Bangladesh. Gibran masuk daftar 30 Under 30 Asia 2017 yang dirilis Forbes.

Tiket.com, Tempat Pesan Tiket Online

Tiket.com didirikan oleh Natali Ardianto pada 2011, dan menjelma sebagai salah satu startup booking online favorit di Indonesia. Saat ini, jumlah pengunjung Tiket.com telah mencapai 4 koma 8 juta. Saat ini, Tiket.com tengah menjalankan program 'Sobat Jalan' untuk mempromosikan tujuan wisata di Indonesia dan Australia.

Setelah Go-Jek Indonesia, siapa startup lokal selanjutnya yang mampu meraih status unicorn?

Komentar

Fresh