Apa sih Bokeh itu? | OPINI.id

Apa sih Bokeh itu? Semacam nama makanan yang berasal dari kedelai? Oh bukan, itu namanya tempe bongkrek. Atau Bokeh itu situasi di mana kamu enggak punya uang sama sekali? Please, itu namanya BOKEK! Lalu Bokeh itu apa sih? Soalnya belakangan ini lagi hits banget di Instagram!

Istilah Fotografi

Dalam dunia fotografi, banyak istilah-istilah asing. Bagi mereka yang menggeluti proses “menangkap cahaya” ini pasti akrab dengan berbagai istilah fotografi seperti Focus, Auto Focus, Fill in Flash, Non-reflex Camera, hingga Waist Level Finder. Di antara banyaknya istilah fotografi itu, ada satu kata yang sebenarnya cukup familiar. Namanya blur. Buat kamu yang suka swafoto, pasti tahulah blur ini apa.

Bokeh adalah...

Bokeh merupakan istilah dari bahasa Jepang. Dia memiliki makna fokus pada satu objek saja di antara objek yang lain. Bisa dibilang Bokeh itu nyaris seperti Blur tapi ada perbedaannya lho.

Bedanya Bokeh dan Blur

Dikutip dari http://askthephotographer.com, Bokeh tidak harus berbentuk bulat atau polygon, semua area tidak fokus/blur juga disebut dengan bokeh. Sementara Blur memiliki pengertian kekaburan seluruh atau sebagian gambar karena gerakan yang disengaja atau tidak sengaja pada saat pemotretan dan efek besar kecilnya diafragma. (Dikutip dari https://www.maxmanroe.com/daftar-istilah-dalam-fotografi.html) Jadi, bisa dibilang Bokeh itu terdiri dari blur dan fokus objek pada sebuah foto.

Cara Mendapatkan Foto Bokeh

Buat kamu yang hits banget di media sosial dan memperhatikan tampilan foto atau video yang bagus, pasti ingin dong hasil postingannya itu punya efek fokus pada objek. Apalagi kalau kamu tipe orang yang narsis, pasti selalu ingin fokus objek fotomu adalah wajahmu yang cantik itu. Betul? Nah berikut tips mendapatkan foto bokeh yang aku kutip dari beberapa sumber di internet:

Tips Mendapatkan Foto Bokeh

1. Pergunakan aperture besar 2. Kurangi jarak pemotret dari obyek 3. Jarak obyek dan latar belakang sejauh mungkin 4. Pergunakan focal length terpanjang 5. Perhatikan fokus 6. Pergunakan lensa prime (Sumber: http://fotografi.lovelybogor.com/apa-itu-bokeh-bagaimana-membuat-bokeh/) Itu dia tips-tipsnya kalau kamu pakai kamera DSLR. Tapi, buat kamu yang awam dan ingin tetap eksis, saat ini sudah banyak smartphone dengan spesifikasi kamera yang bagus, bahkan hingga 20 megapixel, bahkan di bawah itu pun ada yang sudah autofocus! Tinggal cekrek, bokeh deh fotonya!

Sumber foto dalam postingan ini (1-7):

http://assets.kompas.com/crop/130x88:1000x668/750x500/data/photo/2017/05/09/120116520170509-115932-469-sidang.ahok-.jpg https://farm3.staticflickr.com/2748/4519749025_d31af0d85b.jpg http://askthephotographer.com/wp-content/uploads/2014/08/IMG_3280.jpg http://fotografi.lovelybogor.com/apa-itu-bokeh-bagaimana-membuat-bokeh/ https://blajarmotret.files.wordpress.com/2012/04/6689260599_bec8e0d5fe.jpg http://belfot.astatik.com.s3.amazonaws.com/bokeh-portret.jpg

Komentar

Fresh