Cara Survive Introvert di Awal Kuliah | OPINI.id

Ada banyak perbedaan masa kuliah dengan masa sekolah. Dan, lebih banyak lagi perbedaan dibandingkan di cerita fiksi. Untuk seorang introvert, harus mengenal banyak orang baru dalam waktu singkat dan mengikuti segala aktivitas mahasiswa baru mungkin melelahkan. Ditambah lagi, beragam tuntutan baru sebagai seorang mahasiswa. Karena introvert adalah seorang pemikir sejati, pasti sudah banyak yang punya strategi untuk survive di awal masa perkuliahan, 'kan? Tapi, nggak ada salahnya menyimak lagi cara-cara berikut. Ada yang punya tips lain?

Cari Teman di Social Media

Calon mahasiswa baru suka update statusnya. Ada juga grup mahasiswa baru. Kenal di socmed menghemat energi saat nanti bertemu langsung.

Buat List Data Teman Sekelas/Seangkatan

Kita nggak pernah tau kapan kita butuh mereka. Kadang, ada juga senior/dosen yang menghendaki kita hafal semua teman.

Kenali Karakter Senior

Ada beberapa kampus yang masih memegang senioritas, ada yang bebas. Yang pasti, mengenal senior akan banyak membantu masa kuliah.

Pelajari Karakter Dosen

Sebetulnya ini nggak perlu ditulis lagi, ya? Hidup-mati IPK di tangan dosen. Ada dosen yang suka dengan sksd, ada yang masa bodoh. Semangat!

Me Time!

Waktu habis di kampus, bukan berarti nggak bisa me time. Ambil 10-20 menit tiap hari buat buang jauh pikiran crowded. Kosongkan aja pikiran.

Siapkan Mental!

Percaya pasti bisa. Selama ini udah bisa bertahan di antara mereka yang ekstrovert. Kalau cuma melalui tingkat 1 kuliah, pasti bisa, dong?

Komentar (2)

Fresh