Keinginan dan kebutuhan | OPINI.id

Setiap orang hidup selalu mempunyai keinginan dan kebutuhan. Tapi tak semua orang bisa membedakan, mana keinginan dan mana kebutuhan.

quote-mark

Kebutuhan adalah segala hal mendasar yang diperlukan untuk menjalani kehidupan.

quote-mark

Mana yang harus menjadi prioritas?

Sebetulnya, jika ditanya mana yang harus menjadi prioritas antara keinginan dan kebutuhan, maka jawabannya adalah kebutuhan. Benarkah?

Salah satu teori kebutuhan dikeluarkan oleh Abraham Maslow. Teori kebutuhan berangkai dari Maslow Kebutuhan fisiologis, misalnya haus dan lapar; Kebutuhan rasa aman, misalnya rasa aman dari gangguan dan ancaman; Kebutuhan rasa cinta dan memiliki; Kebutuhan rasa harga diri, seperti rasa prestise, keberhasilan, serta respek pribadi; Kebutuhan rasa aktualisasi diri, misalnya hasrat untuk berdiri sendiri. ((Krech, Crutchfield, dan Ballachey dalam Yusup, 1995 : 2):) Jika ada salah satu dari kebutuhan mendasar di atas tidak terpenuhi, maka akan ada sesuatiu yang kurang dan berdampak pada ketidaknyaman hidup. Ketidaknyamanan hidup akan membuat resah dan gelisah dan akan menyebabkan sebuah pencarian. Pada proses pencarian akan menemukan banyak hal. Ssampai pada titik tertentu, individu akan dihadapi pada pilihan, menerima an menghentikan proses pencarian atau tetap terus mencari. pada saat menerima dan menghentikan pencarian, maka pada saat itu individu dihadapkan pada upaya adaptasi untuk melanjutkan hidup atau berhenti mencari tapi tidak menerima. Pada saat membentuk keputusan berhenti mencari tapi tidak menerima, maka tidak akan ada proses adaptasi. Individu yang bersangkutan akan melahirkan keinginan-keingian yang didorong oleh rasa ketidakpuasan. Bukankah hal yang manusiawi jika memiliki keinginan? Pernahkah anda merasakan , di saat tidak memiliki uang, justru memiliki banyak keinginan? ingin jalan-jalan, ingin makan ini itu yang enak-enak, ingin membeli baju, sepatu, atau ganti gadget? Tapi di saat ada uang, keinginan-keinginan itu malah lenyap. Semua itu disebabkan, tanpa disadari ada sesuatu yang tidak terpenuhi dalam kebutuhan yang paling mendasar. Apakah itu? Tiap individu mempunyai prioritas pemenuhan kebutuhan standar yang berbeda satu dengan yang lain. Ada yang terpenuhi kebutuhan sandang, pangan, papan tapi tidak terpenuhi kebutuhan kasih sayang (perhatian) atau tidak terpenuhi rasa aman? maka jangan heran ada keinginan-keinginan yang terkadang si pemilik keinginanpun bingung atau tidak tahu mengapa ia memiliki keinginan itu. Pernah melihat orang kalap belanja? sesudah itu menyesal karena yang dibelanjakan tidak penting. Jika anda memiliki orang dekat yang seperti itu, coba amati atau ajak ngobrol. Pasti akan ditemui, kebutuhan standar yang tidak terpenuhi. Ketidak terpenuhi kebutuhan standar melahirkan perasaan insecure/tidak nyaman. Lalu bagaimana mensikapi keinginan-keinginan yang sebetulnya tidak perlu? kalau mengacu pada kehidupan beragama, coba lihat pencapaian diri dan bersyukurlah atas semua yang sudah dicapai. Kalau dilihat dari kehidupan human dan sosial, cobalah lebih banyak berbagi. karena berbagi tidak harus kita punya atau kita mampu. Berbagi karena kita tahu ada orang lain yang membutukan. memangun rasa empati dalam diri akan memperkaya bathin. Menyikapi kebutuhan dan keinginan, tidak sama pada setiap individu tapi setiap individu bisa memilih dan memutuskan berdasarkan, apa yang ingin dicapai hari esok.

Komentar

Fresh