Pentingkah Berorganisasi Saat Kuliah? | OPINI.id

Tidak banyak orang yang mau berlelah-lelah semasa kuliah. Banyak yang memilih untuk menjadi mahasiswa kupu-kupu atau 'kuliah pulang kuliah pulang' . Dalam pikiran mereka, kuliah hanyalah sebuah upaya untuk mendapatkan nilai A dan gelar sarjana agar dapat diterima di sebuah kantor ternama. Dipikirnya, organisasi ialah hal sia-sia yang kerjanya hanya orasi, ikut demonstrasi, dan kelulusan menjadi hal yang tidak pasti.

Pentingkah?

Namun, menurut hemat saya, berorganisasi justru merupakan hal penting yang berperan membentuk karakter kita seperti apa, berperan membuka wawasan dan pikiran kita mengenai apa saja, dan uang kuliah yang sudah terbuang sekian tahun tidak habis hanya untuk bayar SPP saja. Dalam berorganisasi, kita mendapat banyak teman baru, pengalaman yang benar-benar baru, dan hal-hal yang sebelumnya tidak kita dapatkan di bangku SMP, SMA sederajat, mungkin akan kita dapatkan saat berorganisasi di kampus. Apa saja keuntungannya?

1. Kamu akan dikenal oleh orang sekretariat.

Ketika berorganisasi aktif, kamu akan disibukkan dengan berbagai kegiatan plus urusan surat menyurat. Ini membuat kamu dan teman-teman akan sering bolak-balik ke sekretariat untuk meminta bubuhan tanda tangan, minta cap ini itu, dan hal-hal lain terkait birokrasi. Capek, tentu saja. Tapi kamu akan mulai mengenal orang TU, orang-orang sekretariat yang selama ini hanya kamu lihat sesekali. Dengan mengenal mereka, dan diingat oleh mereka, kedepannya kamu akan lebih dimudahkan dalam berbagai urusan.

2. Kamu bisa mengetahui hal baru yang belum diketahui mahasiswa 'kupu-kupu'.

Ada kasus, ada berita penting, atau bahkan ada gosip penurunan jabatan struktural fakultas, wah, kamu bisa tahu lebih dulu, lho. Jangan tanya bisa tahu dari mana. Saat berorganisasi, jaringanmu akan lebih meluas dan kamu seolah-olah memiliki telinga pun mata di mana-mana. Ini juga jadi hal menyenangkan yang membuatmu akan kerasan di kampus.

3. Organisasi buang-buang waktu? Masa?

Enggak benar. Daripada kamu menghabiskan uangmu untuk nongkrong di mall, lebih baik kumpul di lembaga dan diskusi mengenai berita terhangat. Otakmu akan menyerap dan belajar banyak hal yang tidak kamu dapatkan di dalam kelas. Keuntungan lainnya, pengalaman yang kamu dapatkan selama berorganisasi di kampus sedikit banyak akan membantumu saat melamar kerjaan nanti. Calon kantor tidak hanya melihat nilai bagus, lho, mereka juga lihat pengalamanmu.

Komentar (1)

Fresh