Lima Tempat Hits di Ranah Minang | OPINI.id

Suka traveling? Para generasi millenial sekarang ini, terlihat sangat erat dengan traveling ya. Selain, sebagai media pelepas penat dan hiruk pikuk kesibukan, tentunya traveling juga bisa menambah teman dan wawasan kita. Salah satu rekomendasi destinasi traveling yang patut kamu coba adalah tempat-tempat hits di Ranah Minang. Ranah Minang yang biasa juga disebut wilayah Minangkabau, merupakan daerah yang unik dengan sistem kekerabatan matrilineal (garis keturunan ibu). Ranah Minang yang mencakup wilayah-wilayah Sumatera Barat, sebagian Riau dan sebagaian wilayah Jambi ini menyimpan 5 tempat hits yang patut kita kunjungi loh!

1. Istana Baso / Istana Pagaruyung

Istana Baso, atau yang lebih dikenal sebagai Istana Pagaruyung adalah sebuah istana yang berada di Kecamatan Tanjung Emas, Batusangkar. Istana Pagaruyung menjadi salah satu objek wisata hits dan banyak menarik perhatian para wisatawan yang berdatangan ke Sumatera Barat.

2. Jam Gadang

Di pusat kota Bukittingi, terdapat sebuah menara jam berukuran besar, yang terkenal dengan nama Jam Gadang. Nama Jam Gadang merukan sebutan dari bahasa Minangkabau, yang artinya "jam besar." Jam ini selain menjadi daya tarik wisata juga merupakan pusat penanda kota Bukittingi. Jam Gadang juga disekelilingi dengan taman yang menjadi ruang kreatif masyarakat Bukittinggi.

3. Lembah Harau

Lembah Harau, sebuah lembah subur di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Lembah ini menyuguhkan suasana pegunungan dan air terjun yang dikelilingi batu granit terjal berwarna-warni. Nama harau ini konon berasal dari kata parau. Karena, dulunya penduduk yang tinggal di sekitar sini sering menghadapi banjir dan longsor. Para pendudukan yang berteriak histeris akhirnya bersuara parau, dan akhirnya tempat ini disebut "orau," berubah menjadi "arau" dan akhirnya "harau."

4. Kawasan Mandeh

Memiliki impian traveling ke Raja Ampat? Jika, merasa terlalu jauh dan kesulitan ke Raja Ampat, kamu bisa mencoba mengunjungi Kawasan Mandeh, di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Kawasan Mandeh ini, memang memiliki pemandangan dan nuansa yang serupa dengan Raja Ampat. Tak heran, kalau Kawasan Mandeh ini mendapat julukan sebagai Raja Ampatnya Sumatera Barat. Kita bisa melihat perbukitan, teluk yang dikelilingi dengan gugusan pulau-pulau kecil seperti Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Sironjong besar dan kecil, serta Pulau Cubadak.

5. Pantai Padang

Pantai Padang yang juga merupakan landmark Kota Padang populer dengan sebutan Taplau (singkatan dari tapi lauik, bahasa Minang yang artinya tepi laut). Pantai ini berada di Kota Padang, Sumatera Barat. Di Pantai Padang, kita juga bisa melihat partisi-partisi IORA (Indian Ocean Rim Assosiation), Asosiasi Negara-negara Pesisir Samudra Hindia. Karena Kota Padang menjadi tempat pertama pelaksanaan IORA di Indonesia.

Komentar

Fresh