Katanya Cinta Bumi, Tapi... | OPINI.id

Setiap ada perayaan Hari Bumi atau semacamnya, kamu kerap melakukan aksi yang seolah peduli pada lingkunganmu. Mungkin ada yang benar-benar peduli dan melakukannya, tapi tak sedikit yang akhirnya cuma jadi seremonial belaka seperti unggah foto di Instargam dengan caption yang menunjukkan kamu peduli lingkungan, tapi masih melakukan 5 hal ini. Katanya cinta bumi, tapi...

Tapi kamu masih melakukan lima hal berikut ini:

MASIH MEMBELI MINUMAN KEMASAN

Padahal kamu bisa membawa air minum sendiri dari rumah atau kos. Selain lebih hemat di kantong dan lebih sehat, kamu enggak perlu menambah jumlah limbah botol plastik kan?

MENGGUNAKAN TISU

Kamu tahu kan kalau tisu itu diproduksi dari pohon-pohon yang ditebang di hutan? Jadi, mulai sekarang biasakan membawa sapu tangan dan gunakan tisu jika mendesak saja.

ENGGAK BISA LEPAS DARI AC

Kamu tahu kan bagaimana kandungan CFC atau freon pada mesin pendingin seperti AC dan kulkas bisa merusak ozon? Lagi pula bergantung pada AC setiap waktu tidak baik untuk kesehatan. Resikonya bisa terkena gangguan paru-paru, angin duduk, dan bell palsy. Solusinya kamu bisa gunakan angi alami dari jendela kamar atau ruangan yang dibuka. Katanya cinta bumi?

BELANJA KE MANA-MANA MASIH PAKAI KANTONG PLASTIK

Duh enggak banget sih. Katanya cinta bumi, tapi belanja buku biji saja masih dikantongin plastik? Coba deh kamu bawa tas blacu atau goodiebag bekas suvenir nikahan teman, kan lebih ramah lingkungan!

MASIH PAKAI KENDARAAN PRIBADI KE MANA-MANA?

Duh apalagi ini. Daripada kamu penuh-penuhi jalanan dan membuat polusi udara, sebaiknya mulai sekarang gunakan transportasi publik. Selain bisa mengurangi kemacetan, kamu juga berpotensi ketemu jodoh lho di angkutan umum.

Jadi, masih bilang cinta bumi?YUK #saveearth dengan cara mudah tadi. Katanya cinta bumi...

Komentar

Fresh