Tilep Donasi | OPINI.id

Kasus donasi lewat Cak Budi tengah jadi polemik. Pria asal Malang ini mengaku telah membeli Mobil Toyota Fortuner dan iPhone 7 dari donasi yang masuk.

Penyelewengan Uang Donasi

Masih ingatkah kamu dengan kasus sumbangan yang selalu diminta oleh pihak mini market beberapa waktu lalu? Ya, sebelum memberikan kembalian, biasanya kasir mini market tersebut selalu menanyakan apakah konsumen akan mendonasikan uang recehnya atau tidak.

Uang yang didonasikan ini biasanya akan dimasukkan ke dalam setruk belanja sebagai bentuk bukti uang tersebut telah disumbangkan. Meskipun pihak mini market telah mengklaim jika uang konsumen digunakan untuk program CSR, tetapi banyak yang yang berangggapan kalau uang itu masuk ke dalam kas perusahaan.

Cak Budi: Foya Foya Pakai Uang Donasi

Setelah ramai uang CSR mini market yang gosipnya masuk kas perusahaan, kabar penyelewangan uang donasi kembali terjadi. Kali ini kasus Donasi Cak Budi yang jadi Polemik. Bayangkan saja, pria asal Malang ini mengaku sudah membeli mobil Toyota Fortuner dan iPhone 7 dari donasi yang masuk.

Namun berkali-kali Cak Budi menyebut hal itu dilakukannya untuk menunjang misinya menyalurkan bantuan ke pelosok.

"Mobil itu bisa mengangkut barang banyak. Saya barusan menyalurkan 10 paket sembako. Mobil itu bisa menjangkau daerah yang sulit dijangkau mobil kecil," kata Cak Budi saat live di Kompas TV, Selasa (2/5).

Sementara untuk iPhone 7, dipilihnya karena memorinya besar. Hal itu dibutuhkan untuk merekam video saat Cak Budi menyerahkan bantuan. "Kalau nggak besar nggak kuat. Itu bukan saya beli tapi tukar tambah," tambah Cak Budi.

Untuk Mobil Fortuner, Cak Budi mengaku sudah menjualnya. Hasilnya diserahkan melalui lembaga ACT atau Aksi Cepat Tanggap.

"Fortuner sudah kita uangkan. Dananya sudah kita alihkan," kata dia. Cak Budi mengaku selalu menyalurkan bantuan dari pendonor. Dia mengaku sampai ke pelosok Palu, Makassar dan baru-baru ini ke Nias. Namun dia mengaku memang menggunakan sejumlah yang donatur buat membeli Fortuner dan iPhone.

Cak Budi Dipanggil Kemensos

Terkait penyelewengan dana sosial, Kementerian Sosial sudah menetapkan waktu permintaan klasifikasi pemilik akun Instagram @cakbudi_.

Permintaan jelas atas tudingan penyelewangan dana dari donatur akan berlangsung di Jakarta. "Lusa (Kamis-red) akan kami panggil Cak Budi ini ke Jakarta untuk memberikan klarifikasi mengenai mekanisme penggalangan donasi," kata Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, Hartono Laras, berdasarkan keterangan resmi yang diterima, Selasa (2/5).

Sedangkan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meminta pengumpul sumbangan dari masyarakat untuk menjaga amanah. Terlebih uang tersebut dititipkan untuk disalurkan kepada orang miskin.

"Tolong jaga kepercayaan para donatur, jangan sampai aksi kepedulian sosial ini dinodai oleh nafsu-nafsu pribadi. Ini amanah," sebut Khofifah.

Komentar

Fresh