Mbah Gotho Meninggal Dunia | OPINI.id

Mbah Gotho atau Sodimejo asal Sragen, Jawa Tengah meninggal dunia di usia 146 tahun pada Minggu (30/4/2017) pukul 17.50 WIB dan dimakamkan pada Senin (1/5/2017). Sesuai KTP, Mbah Gotho tercatat sebagai orang tertua di dunia.

Mbah Gotho Lahir Tahun 1870

Mbah Gotho sempat jadi pemberitaan media-media nasional maupun internasional. Berdasarkan catatan KTP dan penjelasan dari keluarga dan tetangga usianya memang sudah sangat tua. Anak, istri, dan cucunya sudah banyak yang meninggal dunia. Ia tercatat lahir di Sragen, 31 Desember 1870, artinya saat meninggal berusia 146 tahun 4 bulan.

Mbah Gotho Sempat Rayakan Ulang Tahun ke-146

Mbah Gotho sempat merayakan ulang tahunnya ke-146 pada 31 Desember 2016 dikelilingi cucu-cucu dan keturunannya. Saat itu kondisi kesehatannya masih cukup baik. Dia masih kuat duduk di kursi lalu meniup lilin ulang tahun yang ditaruh di kue tart.

Mbah Gotho Punya 10 Saudara, 4 Istri, dan 5 Anak

Mbah Gotho memiliki 10 saudara, 4 istri, 5 anak, 25 cucu, dan 27 cicit. Saudara, istri, dan anak-anaknya sudah meninggal dunia. Terakhir, ia tinggal bersama salah satu cucunya, Suryanto (46) di RT 018, RW 006, Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan. Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Sudah Siapkan Nisan sejak 1992

Saking lamanya hidup, Mbah Gotho bahkan sudah menyatakan diri siap meninggal dunia sejak 1992. Saat itu, ia sudah menyiapkan nisan bertuliskan dirinya. Tapi siapa menyangka, ia masih diberi umur panjang hingga 25 tahun kemudian. Nisan itu pula yang langsung dipasang di makam Mbah Gotho setelah dimakamkan pada Senin (1/5/2017).

Mbah Gotho Suka Makan Es Krim

Di usianya yang lebih dari 100 tahun, gigi Mbah Gotho sudah habis. Salah satu makanan yang masih dia suka adalah es krim. Ia rutin makan es krim yang disiapkan cucunya. Foto: NETZ/Korniawan Arif

Mbah Gotho Perokok Berat

Mbah Gotho juga dikenal perokok berat. Di usianya yang sudah sangat tua, ia masih merokok setiap hari. Kalau dulu pakai rokok linting, belakangan Mbah Gotho lebih suka rokok filter.

Rahasia Panjang Umur Mbah Gotho

Mau tahu rahasia umur panjang Mbah Gotho? Saat ditanya, apa resepnya, Mbah Gotho hanya mengatakan kuncinya hanya sabar. Ia mungkin termasuk manusia langka yang diberi umur panjang, namun Mbah Gotho pun sampai bingung kenapa gak juga meninggal dunia setelah ditinggal saudara, istri, dan anak-anaknya lebih dulu. Foto: BBC Indonesia/ Fajar Sodiq

Komentar

Fresh