Jalan-Jalan Hemat Ke Seoul (Part 1) | OPINI.id

Seoul punya daya tariknya sendiri, tidak hanya untuk penggemar drama korea atau K-Popers, namun juga bagi mereka yang ingin mengintip perpaduan budaya Korea yang kental dan kehidupan kota yang modern. Seoul juga bisa menjadi tempat liburan yang atraktif, meski dengan budget minim.

Tempat Penginapan

Seoul menawakan beberapa kawasan untuk penginapan turis, di antaranya di Myeongdong Hongdae, Itaewon, Gangnam dan Jongno. Masing-masing kawasan memiliki daya tariknya sendiri. Turis asing biasanya lebih memilih Myeongdong, karena lokasinya dekat dengan pusat perbelanjaan besar seperti Dongdaemun. Kawasan Myeongdong juga terkenal dengan jajanan pasar ala Korea-nya dan jejeran toko-toko kecantikan dan gaya hidup. Jika ingin tinggal di kawasan yang lebih asri dan dekat dengan Bandara Incheon, kamu bisa tinggal di Hongdae. Di kawasan ini pula, kamu bisa menemukan toko merchandise, kafe dan restoran yang sedang hype di kalangan anak muda di Korea. Sama dengan Hongdae, kawasan Itaewon bisa menjadi pilihan karena banyaknya kafe-kafe yang cantik dan menarik perhatian. Kawasan Itaewon juga menjadi kawasan yang paling dekat jika kamu ingin berkunjung ke Seoul Tower.

Tempat Penginapan

Ke Seoul untuk tujuan bisnis? Bisa jadi Gangnam adalah pilihan yang tepat, karena kawasan Gangnam dikenal dengan juga sebagai kawasan perkantoran. Gangnam juga menjadi kawasan yang tepat jika kalian ingin menghabiskan waktu di pinggiran sungai Han yang terkenal itu. Terakhir, jika kamu ingin merasakan atmosfer tradisional Korea, Jongno adalah pilihannya. Jongno juga menjadi tujuan wisata karena di sini kalian bisa menyusuri rumah-rumah tradisiional Korea di Hanok Village. Beberapa guesthouse juga sengaja dibangun dengan bangunan ala-ala rumah kampung. Makin berasa, deh, kalau sedang ada di Korea!

Guesthouse dan Officetel

Tinggal di guesthouse adalah salah satu pilihan tepat jika kalian ingin menghemat biaya liburan. Di lima kawasan tadi, tersedia beragam pilihan guesthouse beserta dengan kisaran harganya. Kamu juga bisa memilih ukuran kamar yang beragam. Satu kamar dengan harga kira-kira Rp 700.000, dapat ditempati dua sampai tiga orang. Jika memang kamu dan teman-teman ingin tinggal di guesthouse, pastikan dulu untuk reservasi, ya! Namun jika kalian ingin benar-benar menghemat pengeluaran, kalian bisa coba menginap di ‘Officetel’ (Office Hotel). Pada dasarnya Officetel hanyalah ruangan kubikel yang berisi kasur dan peralatan seadanya, serta kamar mandi bersama. Beberapa juga menyediakan nasi dan kimchi gratis. Untuk kisaran harga, kamu harus membayar sekitar 200-250 ribu rupiah untuk semalamnya.

Belanja Pakaian dan Aksesoris Murah

Berlokasi dekat dengan Myeongdong, Dongdaemun adalah pusat perbelanjaan yang super lengkap dan nyaman, Di sini, kamu bisa menemukan style pakaian dan aksesoris yang sedang nge-trend di Korea. Tips agar bisa berbelanja murah di sini adalah dengan menawar, karena biasanya para penjual tidak segan mematok harga tinggi untuk turis asing. Sebenarnya tidak hanya di Dongdaemun, kalian juga bisa belanja pakaian dan aksesoris ala Korea di kawasan Ewha University. Pusat perbelanjaannya berlokasi tidak jauh dari pintu keluar subway stasiun Ewha University, Di sini kalian membeli pakaian dengan kisaran harga 50-350 ribu rupiah. Atau jika kamu sedang jalan-jalan menggunakan subway, jangan lupa untuk mengunjungi jejeran toko-toko pakaian dan aksesoris di sepanjangan stasiun subway di Seoul. Untuk kisaran harganya, kamu bisa mendapatkan satu potong pakaian dengan harga sekitar 70-150 ribu rupiah saja.

Beragam Pilihan Street Food

Jika biasanya turis asing menjadikan Myeongdong sebagai kiblat jajanan pinggir jalan di Seoul, kamu harus coba jajanan pinggir jalan favorit warga lokal di Noryangjin Rice Cup Street, yang diklaim lebih murah dan lebih enak. Jarak dari Myeongdong ke Noryangjin sekitar 20 menit-an bisa ditempuh dengan menaiki kereta. Jika sudah sampai di Stasiun Noryangjin, kamu hanya perlu berjalan ke arah pintu keluar nomor tiga, belok kanan dan jalan terus sampai lampu merah dan menemukan pusat jajanan Noryangjin. Mesti dikenal sebagai Noryangjin Rice Cup Street, jajanan di sini beragam, mulai dari tteokbokki, ayam goreng pedas manis, hotdog ala Korea, steak, ddakochi (sate ayam Korea), waffle dengan es krim, dan beragam jajanan lainnya dengan kisaran harga 20-50 rupiah saja. Karena makanan di Korea lebih banyak menggunakan daging dan minyak babi, bagi teman-teman yang tidak bisa mengkonsumsi keduanya, jangan ragu untuk bertanya terlebih dahulu.

Sumber :

- 해피새아 happysaea YouTube Channel - http://k-guesthouse.co.kr/ - https://migrationology.com/accommodation-in-seoul/ - https://www.tripzilla.com/places-shop-seoul/47229 - https://www.timeout.com/seoul/restaurants/you-shouldnt-leave-seoul-without-trying-these-10-street-foods https://blog.onedaykorea.com/noryangjin-true-experience-of-korean-life/

Komentar

Fresh