Sering Takut Kalo Malem Mngkin Karna ini | OPINI.id

Kalian pernah gak sih waktu di dalam kegelapan, kala malam hari deh, tiba-tiba suasana berubah jadi mencekam dan bikin kalian jadi ketakutan banget gitu? Emang sih tiap manusia pasti punya berbagai macem emosi, mau sedih, gembira, benci, termasuk takut yang paling sering terjadi. Ngomongin tentang takut nih, kamu harus kenal sama yang namanya Nyctophobia, yang bisa bikin kegelapan di malam hari jadi sesuatu yang begitu menakutkan

Ketakutan berlebihan pada gelapnya malam

Nyctophobia merupakan ketakutan berlebihan yang irasional pada kegelapan waktu datangnya malam hari yang bisa menghambat kehidupan seseorang. Orang yang punya Nyctophobia seolah-olah bakal terus dibayangi sama hal-hal yang nyeremin. Diketahui kalo otak seseorang yang menderita Nyctophobia ini ternyata punya persepsi yang menyimpang dari kejadian selanjutnya yang bakal datang dan ngebayangin kalo hal-hal yang mengerikan ato musibah bakalan terjadi seiring datengnya malam.

Kemungkinan disebabin oleh trauma

Meskipun penyebab pasti dari Nyctophobia ini belum diketahui, para psikolog mengasosiasikannya sama adanya peristiwa traumatis yang bisa terjadi pada seorang penderitanya, di waktu gelap ato malam hari di masa lampau.

Gejala-gejalanya tuh kayak gini nih!

Beberapa gejala dari Nyctophobia ini termasuk di dalamnya adalah bener-bener nggak berani pergi keluar di malam hari, memilih buat cuma menyendiri di malam hari, gelisah banget waktu kegelapan malam mulai menyelimuti (yang bisa mempengaruhi kesehatan), bahkan timbulnya rasa panik selama malam hari atopun waktu ada di tempat yang gelap.

Merupakan gangguan psikologis serius

Meski jarang diketahui, tapi ternyata Nyctophobia merupakan gangguan psikologis yang serius banget lho sob! Karena Nyctophobia bisa mempengaruhi kesehatan mental dan juga fisik penderitanya sehingga butuh banget sama yang namanya perawatan medis.

Bisa juga dibantu sama terapi perilaku k

Selain penanganan secara medis, diketahui kalo Nyctophobia juga bisa disembuhin sama bantuan terapi perilaku kognitif. Selain itu, konseling serta dibarengi sama obat anti-kecemasan juga diperluin banget.

Jangan sampai kamu cuekin!

Mungkin banyak orang yang nggak seberapa tahu dan bahkan menganggap gejalanya cuman hal yang wajar. Eits, tapi kamu nggak boleh banget punya pikiran kayak gini sob! Nyctophobia bener-bener nggak boleh dicuekin ato diabaikan. Dan yang terpenting upaya penanganan dan pengobatan haruslah dilakuin sesegera mungkin. sumber: keepo.me

Komentar

Fresh