Hacker Bobol Telkomsel | OPINI.id

Situs resmi perusahaan telekomunikasi seluler Indonesia Telkomsel, www.telkomsel.com, diretas hacker. Halaman depan situs tersebut sempat berubah menjadi halaman hitam dengan tulisan berwarna putih. Tulisan tersebut berisi kata-kata cacian mengenai mahalnya harga kuota internet yang disediakan oleh Telkomsel.

Telkomsel Dikritik Hacker

Situs perusahaan telekomunikasi Indonesia Telkomsel diretas oleh hacker. Halaman ini berubah menjadi hitam dengan tulisan berwarna putih. Tulisan itu berisi cacian dan kritikan mengenai mahalnya harga kuota internet yang disediakan oleh Telkomsel. Dalam tulisan tersebut juga disebutkan bahwa Indonesia tidak akan bisa maju jika biaya penggunaan internet masih mahal. Selain itu, hacker juga menyatakan tidak membutuhkan iming-iming sepertu kuota musik atau video, juga HOOQ dan VIU, mereka menyatakan hanya butuh kuota internet. Nggak hanya itu saja, Telkomsel Juga Dicaci Maki di Wikipedia dan Google oleh hacker tersebut.

Hacker Jabarkan Harga Paket Internet Telkomsel Mahal

Siapa yang sangka jika mahalnya kuota Telkomsel menimbulkan kritikan. Lebih menyeramkannya lagi kritikan ini datang dari hacker. Alhasil, situs mereka pun diretas akibat protes mahalnya paket kuota Telkomsel. Sang peretas merasa bahwa harga-harga tersebut sudah tidak wajar. Belum lagi adanya ?iming-iming? yang, menurut peretas, tidak mereka butuhkan namun harus tetap dibayar.

Telkomsel Angkat Bicara Terkait Peretasan Situsnya

Pagi ini netizen dikejutkan dengan kabar peretasan situs operator seluler Indonesia oleh hacker. Peretasan ini dilakukan hacker lantara mahalanya harga paket internet yang disediakan oleh Telkomsel. Namun sampai saat ini, situs Telkomsel belum bisa diakses dan hanya ada tulisan "We Apologize, the website is under maintenance." Seperti dilansir republika, Adita Irawati selaku Vice President Corporate Communication Telkomsel memberikan tanggapan terkait aksi peretasan tersebut. Mereka pun menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan para pelanggannya. Gak hanya itu, saat ini mereka juga mengaku sedang melakukan penelusuran dan perbaikan agar pelanggan dan masyarakat bisa segera mengakses website Telkomsel lagi.

Hacker Gak Bisa Bobol Password yang Kuat

Jangan pernah anggap remeh hacker guys, kamu wajib membuat password yang rumit di setiap aset media sosial ataupun perbankan yang kamu miliki. Soalnya, semakin susah passwordnya, hacker juga akan kesulitan meretasnya. Kalau password kamu lemah, siap-siap aja diretas. Nah, bicara tentang aksi peretasan, tahun 2012 sebanyak enam juta password diretas, termasuk akun profesional Linkedin serta 58 ribu akun twitter. Cara paling mudah meningkatkan kekuatan password dengan menambah jumlah huruf, angka, serta memasukkan simbol khusus, misalnya @, %, ^, &, atau *.

Seberapa Cepatkah Password Bisa Diretas?

Ada yang tau butuh berapa lama seorang hacker meretas sebuah password? Berikut ini adalah data yang diambil dari Interactive Brute Force Password Search Space Calculator. 1. Password 6 karakter tanpa simbol khusus memiliki 2,25 miliar kemungkinan kombinasi. Untuk meretasnya dibutuhkan waktu: 3,7 pekan, dengan bantuan aplikasi web yang mampu membuat 1.000 tebakan per detik. (secara online) 0,0224 detik, dengan bantuan komputer server yang mampu membuat 100 miliar tebakan per detik. (secara offline) 2. Password 10 karakter tanpa simbol khusus memiliki 3,76 juta triliun kemungkinan kombinasi. Untuk meretasnya dibutuhkan waktu: 3,7 pekan, dengan bantuan aplikasi web yang mampu membuat 1.000 tebakan per detik. (secara online) 10,45 jam, dengan bantuan komputer server yang mampu membuat 100 miliar tebakan per detik. (secara offline) 3. Password 6 karakter dengan simbol khusus memiliki 7,6 triliun kemungkinan kombinasi. Untuk meretasnya dibutuhkan waktu: 240 tahun, dengan bantuan aplikasi web yang mampu membuat 1.000 tebakan per detik. (secara online) 1,26 menit, dengan bantuan komputer server yang mampu membuat 100 miliar tebakan per detik. (secara offline) 4. Password 10 karakter dengan simbol khusus memiliki 171,3 xextillion kemungkinan kombinasi. Untuk meretasnya dibutuhkan waktu: 54,46 juta abad, dengan bantuan aplikasi web yang mampu membuat 1.000 tebakan per detik. (secara online) 54,46 tahun, dengan bantuan komputer server yang mampu membuat 100 miliar tebakan per detik. (secara offline)

Pantun Rahasia Hacker Telkomsel

Pelaku yang meretas website resmi Telkomsel.com sepertinya paham Bahasa Jawa. Selain pesan kritikan atas paket internet yang terlalu mahal, ia juga menyisipkan pesan footer sebagai berikut: "Siji loro telu Nazarudin kaya asu Papat lima enem Budiono mesam-mesem Pitu walu sanga SBY manga-manga Sepuluh sewelas rolas Urbaningrum ora waras" Artinya: "Satu dua tiga Nazarudin kayak anjing Empat lima enam Budiono senyuam-senyum Tujuh delapan sembilan SBY mangap-mangap Sepuluh sebelas dua belas Urbaningrum gak waras"

Simpati Smartfren buat Telkomsel

Mungkin ini bentuk simpati dari Smartfren kepada Telkomsel yang websitenya dikerjai hacker. Solidaritas sebagai sesama operator telekomunikasi seluler gitu lah. Di Twitter resminya, Smarfren memposting pesan kaya gini. Walaupun ga sebut Telkomsel, kita tahu lah Simpati itu kan produk kartunya Telkomsel.

Komik Fakta

Hahaha insiden website Telkomsel dikerjai hacker ternyata jadi inspirasi buat kreator komik strip ini. Sumber: https://www.facebook.com/komikfaktap/posts/1161426653983140

Komik Fakta

Komik Fakta

Komik Fakta

Komik Fakta

Indosat Hapus Tweet Nyinyir

Ibarat dapat durian runtuh kali ya? Twitter IM3 Indosat Ooredoo Jabotabek memposting respon insiden hacker kerjai website Telkomsel dengan kalimat nyinyir. Bukannya didukung, Indosat malah dibully netizen. Dihapus deh tweet nyinyirnya :)

XL Nyinyirin Telkomsel

XL juga merespon insiden hacker menyerang website Telkomsel dengan nada nyinyir. Bahkan secara implisit menyebut Telkomsel sebagai operator tarif mahal dan XL operator tarif bersahabat. Oh ya? Really? Sekarang tweet itu pun hilang. Kayaknya dihapus.

Fakir Bandwidth

Hihihi ya iyalah kalau sampai hacker aja merasa fakir bandwidth, terus bagaimana kita yang cuma user biasa? Ngehacl website Telkomsel emang ilegal, tapi di sisi lain menyuarakan kata hati wong cilik hehehe

Komentar (8)

Fresh