Plus Minus Eceng Gondok di Kali Item | OPINI.id

Pemerintah Kota Administratif Jakarta Utara punya ide untuk menanam eceng gondok di Kali Sentiong atau yang sering disebut Kali Item.

Katanya sih untuk memperbaiki kualitas air di sungai tersebut. Sebelum pada ribut-ribut, kuy intip kelebihan dan kekurangan tanaman eceng gondok:

Kekurangan eceng gondok

Mengurangi jumlah oksigen dalam air Pertumbuhan eceng gondok terbilang cepat jadi tak perlu waktu lama untuk menutupi seluruh permukaan air. Akibatnya jumlah cahaya yang masuk ke dalam air akan semakin berkurang dan tingkat kelarutan oksigen pun akan berkurang. Membuat perairan dangkal Eceng gondok juga bisa merusak lingkungan di sekitar tempat mereka tumbuh dan menjadi penyebab kedangkalan. Tanaman eceng gondok yang sudah mati akan menumpuk sedikit demi sedikit ke permukaan, sehingga seiring berjalannya waktu perairan-pun akan menjadi dangkal. Kurangi jumlah air Jika tidak benar-benar diatasi dengan benar, tanaman ini bisa menyebar hingga ke seluruh permukaan air, dengan begitu akan menyebabkan evapotranspirasi yang berarti jumlah kehilangan air akan bertambah akibat pertumbuhan eceng gondok yang begitu cepat dan memiliki daun yang lebar. Mengganggu lalu lintas di perairan Wah, ini yang bikin banyak sampah. Kalau ada sampah otomatis sulit untuk dibersihkan karena sampah tersebut cenderung terjebak diantara tumbuhan dan sulit untuk bergerak.

Manfaat eceng gondok

Mencegah akumulasi logam berat Dari hasil penelitian, eceng gondok mampu menyerap logam berat dalam perairan. Jika itu dilakukan secara terus-menerus kandungan logam berat dalam air bisa mencapai titik 0. Pupuk organik Eceng gondok kaya akan asam humat yang menghasilkan senyawa fitohara yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan akar pada tanaman, selain itu juga mengandung asam triterpenoid, sianida, alkaloid dan kaya akan kalsium. Jadi sangat memungkinkan untuk dijadikan pupuk organik. Pupuk organik Eceng Gondok bisa dimanfaatkan untuk jenis sayuran seperti bayam, wortel,cabe, terong dan buah-buahan. Biogas Biogas adalah suatu campuran gas-gas yang dihasilkan dari suatu proses fermentasi bahan organik oleh bakteri dalam keadaan anaerobik (Sahidu,1983), untuk itu eceng gondok juga bisa diolah menjadi biogas. Selain itu Eceng Gondok juga bisa dijadikan sebagai media untuk pertumbuhan jamur, kerajinan tangan, kertas dan lain sebagainya. Untuk itu kalau memang ingin menanam eceng gondok di Kali Item, pemerintah harus mengelolanua secara benar, supaya bisa menjadikan hasil yang lebih bermanfaat.

Kamu setuju kalau Kali Item ditanami eceng gondok?
Setuju
Enggak
21 votes

Komentar

Fresh