Ceban bisa makan enak, kenyang, plus sehat?. | OPINI.id

Warga Bekasi dan sekitarnya hari gini mau makan enak tapi bingung makan apa?, mau masak rasanya nggak mungkin dengan uang Rp. 10.000 (Ceban), beli beras saja 1 liter paling murah namun tidak bikin kecewa harganya Rp. 8.000, masa iya 2 ribu lagi bisa beli bahan-bahan untuk masak, sebut saja sayuran, tempe atau tahu. kenapa tidak Rp. 50.000 (Gocap), eeeitzz... Ini nggak ada hubunganya yah dengan si Gocap. 😊. Diketahui jika hampir semua masyarakat senang konsumsi sayura, tau kenapa?

Kebaikan dari si sayuran yang kerapa dibuat lalapan

Nama terong lalapan pasti tidak asing bagi para pecandu lalapan, ini lantaran banyak warung makan sayuran berbentuk bulat dengan warga putih di bagian bawah selanjutnya hijau ke bagian atas akan selalu hadir mendampingi sambal terasi. Namun taukah anda apa saja yang terkandung di dalamnya? Diketahui jika Terong mampu Menurunkan Tekanan darah tinggi atau Hipertensi, ini lantaran Terong memiiki kadar atau jumlah kalium yang cukup tinggi yaitu sekitar 217mg /100gram, selain itu Buah kandungan mineral potassium melimpah di terong sehingga mengurangi resiko hipertensi (tekanan darah tinggi). Tidak hanya itu saja Terong kaya akan mineral mangan yang turut membantu tubuh mengubah protein dan lemak dari makanan yang dicerna menjadi energi. Laju metabolisma yang tinggi menurunkan resiko penimbunan lemak tubuh. Makan terong juga bermanfaat bagi daya tahan tubuh. Terong mengandung vitamin C yang bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.(samiliar.com). Selain terong, ada juga mentimun atau masyarakat mengenalnya dengan sebutan timun, lalu apa timun juga memiliki kandungan yang sama dengan terong?, nah kalau di mentimun mengandung 3 lignan yaitu, pinoresinol, lariciresinol dan secoisolariciresinol, yang membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker, timun juga mengandung vitamin B, gula dan elektrolit untuk mengisi beberapa nutrisi penting bagi tubuh, kalau kepala sakit atau mabuk, sangat disarankan memakan beberapa irisan mentimun nih. Kemudian timun merupakan sumber silika yang dikenal dapat memperkuat jaringan sendi. Jus mentimun mengandung kalsium, folat, potassium, magnesium, dan vitamin A, C, D, B1 dan B6. Mengonsumsi mentinun setiap hari dapat mengurangi nyeri persendian, encok, dan menurunkan kadar asam urat. Eit.. Ada daun kemangi juga nih, lalu fungisnya apa?, Daun kemangi kaya akan beta-karoten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung, terus daun kemangi juga sangat disarankan bagi keluarga yang ingin memiliki pomongan, sebab senyawa arginine yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma sekaligus mencegah kemandulan. Daun kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen.(doktersehat.com) Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari sayuran-sayuran tersebu. Disamping 3 sayuran yang diatqs, ada pula dedaunan sayuran yang juga sering bersarang dan dikunyah di dalam mulut masyarakat.

Sayuran yang menyehatkan walau di kukus

Kalau bahas sayuran sebut saja, kangkung, kol dan toge, masyarakat kebanyakan lebih memilih mengukusnya untuk dikonsumsi, ini lantaran sayuran tersebut memang akan terasa nikmat jika di kukus terlebih dahulu, Yang pertama kangkung. Apa saja manfaat kangkung?, ruoanya kangkung memiliki Zat besi yang berfungsi sebagai alat pengakut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi di sini juga berfungsi sebagai pembantu pembentukan hemoglobin dalam tubuh untuk mencegah terjadinya anemia. Selanjutnya ada Omega 3 yang bermanfaat bagi kualitas otak. Bagi yang sedang hamil, hanya perlu mengkonsumsi kangkung untuk menjaga kualitas otak janin. Disamping itu kangkung juga memiliki kandungan vitamin A, C juga B1. Kemudian ada toge, tentu kalau toge pasti masyarakat sudah banyak yang tau kandunganya, ya betul!. Dalam toge terdapat Kandungan vitamin E, khususnya vitamin E-alfa dapat membantu untuk kesuburan pria. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari serangan radikal bebas, namun untuk di ketahui, mengkonsumsi toge sangat tidak di sarankan dalam keadaan mentah, ini lantaran banyaknya bakteri yang dikandungnya. Mengukusnya dengan air mendidih adalah alternatif baik untuk konsumsi toge. Kemudian berlanjut pada Kol, lantas apa saja yangbada didalam kol?, Kol mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, karbohidrat, protein, mangan, serat, kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin B1 (thiamin). Sejumlah mikronutrien lain dalam jumlah kecil seperti vitamin A, zat besi, dan riboflavin juga terkandung dalam kol. Nah.. Berlanjut dari pembahasan awal, ini menyangkut uang ceban, jelas tidak cukuo dengan sayuran saja, ada yang perlu sebagai penambah korbohidrat, yakni Nasi. Apa bisa?

Ini yang buat Ceban bisa makan enak, kenyang, plus sehat

Nah.. Dari sekian penjelasan tadi, tentu tidak mustahil jika melirik uang Ceban ditukar dengan sayuran-sayuran yang kaya akan kebaikan. Jika masih tidak percaya, silahkan mampir ke warung Gado-Gado Mama Farhan yang terletak di jl mandor demong, Mustika jaya Bekasi, letak warungnya berhadapan langsung dengan gedung pertemuan Mustika Raja Sinaga yang terletak di jalan tersebut. Si pembuat makanan khas Betawi Suryanih menuturkan jika semua sayuran yang dipilih untuk dijadikan gado-gado adalah sayuran yang segar, bukan yang diawetkan atau yang sudah busuk. "sayuranya Segar-segar, kebetulan belanjanya juga dekat dari sini, jadi bisa dapet sayuran seger, ini yang buat pembeli betah bolak-balik ke sini" tuturnya. Selanjutnya iya juga menambahkan jika gado-gadonya sangat komplit. Tidak terlepas dari rasa, iya jelaskan jika bumbu yang diulek langsung tanpa dibuat (disiapkan terlebih dahulu) membuat para pelangganya bisa riques rasa, bisa sedang, pedas, dan sangat pedas. Hebatnya lagi, iya juga siapkan nasi sebagai alternatif jika lontong yang disiapkannya kurang begitu di lirik, hal ini lantaran perbedaan kesukaan para pelangganya dalam menentukan cita rasa gado-gadonya, dan itu tidak menjadikan masalah bagi makanan khas betawi yang sudah di jualnya beberapa tahun lalu. "di sini ada nasi juga, lontong juga, kalau gak mau lontong, bisa dengan nasi, atau sebaliknya, terus ada juga goreng tahu, bakwan dan tempe buat teman gado-gado tersebut". Ucapnya. Selain sayuran yang lengkap, harga yang di tawarkan sangat cocok dengan kantung masyarakat para pecinta kuliner. Meski terkadang harga bahan pokok gado-gado mengalami kenaikan, wanita yang akrab di sapa Bunda Anih pada sosial medianya menuturkan tidak menaikan harga gado-gadonya, ini iya lakukan agar banyak masyarakat bisa mencicipi makanan khas betawi, "harganya bakalan tetap Rp. 10.000, nggak akan ada kenaikan walaupun sayuranya pas saya beli nanti naik harganya" sambungnya. Ditengah gempuran makanan-makanan luar negeri yang semakin menjamur, rasa-rasanya tidak salah jika mencicipi makanan lokal, salah satunya Gado-gado Mama Farhan ini

Komentar

Fresh