Berbagi Bahagia Lewat Tempat Nasi Gratis | OPINI.id

Setiap orang bisa melakukan kegiatan sosial dengan cara apa pun. Salah satunya dengan cara berbagi kebahagiaan melalui sedekah makanan dan minuman.

Sebuah gerakan unik yang digagas warga kota Bandung: Tempat Nasi Gratis (TNG).

"Siapapun Boleh Mengambil, Siapapun Boleh Mengisi," mengundang siapa saja yang ingin mengisi lemari maupun mengambil nasi bungkus secara gratis.

Penggagas TNG

Meski dengan etalase yang terlihat sangat sederhana, namun ide ini sukses membuat banyak warganet maupun warga kota Bandung terinspirasi. Rochsan Rudyantho adalah orang yang menggagas konsep kegiatan sosial yang cukup unik ini. Hal ini diawali dari sebuah unggahan di media sosial mengenai gerakan serupa. "Kalau ide awalnya entah ide siapa , ketika photo lemari itu muncul di wall (medsos) saya, saya mengajak teman-teman untuk merealisasikannya di Bandung. Just do it, mari kita lakukan bersama-sama dan boom terwujudlah TNG Bandung," seperti dikutip dari akun pribadi Rochsan, pria yang akrab disapa Kang Apuy ini. Kang Apuy kemudian menggalang dana urunan dari 10 orang teman untuk memesan lemari tempat nasi. Maka terwujudlah sebuah gerakan unik: "Tempat Nasi Gratis. Siapapun Boleh Mengambil, Siapapun Boleh Mengisi." Gerakan sosial ini memperbolehkan siapa saja yang ingin mengisi kembali tempat ini dengan nasi maupun air minum dan mempersilahkan warga yang membutuhkan untuk mengambil nasi maupun minuman yang tersedia.

Berbagi Bahagia

Banyak masyarakat yang merespons positif kegiatan ini. Mereka berharap jumlah TNG diperbanyak dan ditempatkan di beberapa lokasi startegis lainnya di wilayah Kota Bandung. Gerakan ini diharapkan bisa lebih banyak menebar dan membagi kebahagiaan, baik bagi yang memberi (mengisi TNG) maupun orang-orang yang membutuhkan (mengambil nasi dan minuman). Pemilihan lokasi TNG juga tak sembarangan, didasarkan pada sejumlah pertimbangan. Misalnya, tempat yang ramai dan banyak orang yang lewat, banyaknya ibu-ibu atau bapak-bapak penyapu jalan yang membutuhkan makan siang yang layak dan di tempat dimana banyak orang tidak mampu yang membutuhkan makanan layak.

Kini Sudah Ada 12 TNG

Meski belum genap 1 bulan berjalan, ternyata sudah ada 12 lemari TNG yang tersebar dibeberapa tempat di kota Bandung yang dikelola secara bergotong royong. Tak hanya itu, dengan semakin banyaknya TNG, maka semakin banyak orang-orang yang bersedekah dan banyak pula orang-orang yang terbantu. Lokasi Tempat Nasi Gratis: 1. Jalan Burangrang no 28 Radio Dahlia 2. Jalan Wangsaniaga Kulon Tatar Wangsakerta Kotabaru Parahyangan 3. Jalan Cibodas Raya Antapani Dapur AQ 4. Jalan Terusan Ciliwung No 4 5. Jalan Kanayakan Asri No 38 - Wisma Indri 6. Jalan Sari Asih II no 14 Sarijadi 7. Jalan Buahbatu No 98 8. Jalan AH Nasution Cipadung Cibiru - Masjid Patal Cipadung 9. Taman Macan Permata Cimahi II Blok N 1 Cimahi 10. Jalan Rereng Wulung No 32 Sukaluyu 11. Jalan Bungur - Ruang Putih 12. Jalan Gegerkalong Tengah No 91

Kamu tertarik untuk melakukan kegiatan sosial seperti ini ditempatmu?
Tertarik banget
Biasa aja
Ga Tertarik
119 votes

Komentar

Fresh