Tanda Tubuh Alami Kekurangan Magnesium | OPINI.id

Magnesium merupakan salah satu mineral terpenting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan. Jika tubuh kamu kekurangan magnesium, maka kondisi ini disebut dengan hipomagnesemia. Kekurangan magnesium yang parah dapat menimbulkan komplikasi seperti kejang, aritmia jantung (irama jantung abnormal), vasospasme arteri koroner, hingga kematian mendadak.

1. Makan Yang Manis-Manis

Kalau kamu selalu punya keinginan yang kuat untuk makan atau minum sesuatu yang manis, hal ini menunjukkan bahwa ada kekurangan mineral tertentu dalam tubuh. Ini biasanya adalah kurangnya magnesium. Khususnya pada wanita, kehilangan magnesium sering berhubungan dengan saat menstruasi dan pra-menstruasi.

2. Nyeri Otot dan Kram

Jika kamu sering mengalami nyeri otot dan kram, ini pertanda bahwa kadar magnesium dalam tubuh kamu sedang rendah. Untuk mencegahnya kamu bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium atau mengonsumsi vitamin D, E, dan B. Selain itu, kamu juga bisa mencoba meringankan rasa sakit nyeri otot dan kram ini dengan memijat otot-otot yang nyeri atau kram dengan gerakan memutar.

3. Sakit Kepala Parah

Jika kamu kekurangan vitamin A, B, C, dan D, maka kemungkinan akan mengalami sakit kepala yang sangat parah. Selain itu, kekurangan magnesium juga dapat menyebabkan migrain. Jika kekurangan magnesium, maka pembuluh darah di otak cepat menyempit dan mengembang. Inilah yang menjadi penyebab migrain. Jumlah magnesium yang cukup dalam tubuh mampu mengurangi risiko perubahan dalam pembuluh darah dan menghilangkan sakit kepala.

4. Insomnia

Kekurangan magnesium juga bisa menyebabkan insomnia. Hal ini dikarenakan magnesium sangat penting untuk "relaksasi otak". Kemampuan otak ini membantu kita untuk lebih tenang, santai hingga bisa tidur dengan nyenyak.

5. Refluks Asam

Jika kamu alami kekurangan magnesium, makanan dan asam lambung akan kembali ke kerongkongan. Karena kondisi ini maka kamu bisa merasakan sensasi terbakar di kerongkongan, yang kerap disebut refluks asam atau heartburn.

6. Penyakit Tulang

Kekurangan magnesium juga bisa meningkatkan risiko masalah pada tulang. Intinya adalah kekurangan magnesium dapat mengurangi tingkat kalsium dalam darah, dan kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang.

7. Sembelit

Ada banyak alasan mengapa kamu mengalami sembelit, mulai dari stres hingga kurang konsumsi serat. Makanan yang mengandung serat umumnya mengandung juga magnesium. Magnesium memiliki efek relaksasi di banyak bagian tubuh, termasuk saluran pencernaan. Namun kurangnya mineral ini, membuat usus tidak berfungsi dengan baik, sehingga kamu bisa mengalami sembelit.

8. Kelelahan Berlebih

Selain karbohidrat, magnesium juga diperlukan oleh tubuh untuk menciptakan energi dalam sel. Tanpa magnesium, kamu ga bakalan memiliki cukup energi pada tingkat sel. Kekurangan ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan kamu, seperti kelelahan, lesu, dan kurangnya mobilitas.

9. Stres dan Lesu

Magnesium adalah elemen penting untuk membangun sistem saraf yang kuat. Unsur ini bertanggung jawab untuk merelaksasi tubuh. Bila tubuh kekurangan magnesium, maka seseorang bisa merasakan kecemasan dan stres tanpa sebab. Risiko depresi juga bisa meningkat secara dramatis.

Menurut kamu mana makanan yang mengandung magnesium tinggi?
Kentang, ubi, ikan tuna, soda
Alpukat, pisang, sayuran hijau
7 votes

Komentar

Fresh