Polemik Pidato Prabowo Pilpres 2019 | OPINI.id

Genderang tahun politik kian digaungkan, hasrat para politikus untuk mencuri perhatian masyarakat membuat mereka mengeluarkan beberapa ?julukan? atau ?sebutan? tertentu yang menuai reaksi beragam.

Seiring dengan pencalonan dirinya sebagai Presiden RI, Prabowo juga sering muncul di muka publik dan menyampaikan pidato. Ternyata ada beberapa pidato Ketua Umum Partai Gerindra itu yang sempat menjadi sorotan publik.

Mental Maling

Pernyataan kontroversial ini disampaikan capres nomoro urut 02 yaitu Prabowo-Sandi ketika menanggapi Indonesia yang tertinggal dari Singapura. Ia menyebut ketimpangan ekonomi yang terjadi saat ini disebabkan oleh kalangan elite yang rakus. "Jangan-jangan karena elite kita yang g*blok atau menurut saya campuran. Sudah serakah, mental maling, hatinya beku, tidak setia pada rakyat, hanya ingin kaya di atas penderitaan rakyat," ucap Prabowo di Gedung Serbaguna Istana Kana Cikampek. Prabowo juga menyebut jika elite Jakarta penuh tipu. "Saya males di Jakarta. Elite di Jakarta itu, haduh. Jadi saya jarang hadir di dalam situ. Udah masuk ke ruangan seperti ini, saya lihat mukanya itu penuh tipu. Saya lebih seneng melihat muka kalian ini. Tampang kalian miskin tapi jujur," ujar Prabowo.

Paket Hemat

Pidato lainnya yang dinilai berbagai kalangan terlalu berani sebagai negarawan, sempat disampaikan Prabowo saat berada di Pondok Pesantren Modern Al Islah, Bondowoso, Jawa Timur. Prabowo menjelaskan, "Untuk jadi Gubernur itu, saya akan tanya, ente punya uang berapa, kalau Rp 300 miliar itu mah paket hemat."

Indonesia Bakal Bubar

Pidato Prabowo saat konferensi dan temu kader nasional Gerindra di Bogor, Jawa Barat juga bikin jagat maya geger. Ia mengatakan: “Tidak enak kita bicara, tetapi sudah tidak ada waktu untuk kita pura-pura lagi." Dalam pidato yang diunggah di media sosial Gerindra itu Prabowo juga mengatakan, "Di negara lain mereka sudah bikin kajian-kajian bahwa Republik Indonesia sudah dinyatakan tidak ada lagi tahun 2030."

Muka Boyolali

Pidato calon presiden nomor urut 2 di Boyolali, Jawa Tengah beberapa waktu lalu juga bikin gaduh di sebagian masyarakat. Tanggapan pro dan kontra muncul kepermukaan setelah Prabowo menyampaikan pidato secara bercanda ia mengatakan "Tampang Boyolali" bisa jadi tidak pernah memasuki hotel mewah di Jakarta. Guyonan ini disampaikan Prabowo saat acara peresmian Kantor Badan Pemenangan Prabowo-Sandi di Boyolali, Jawa Tengah.

Kira-kira bakal ada yang nyeleneh lagi gak nih menurutmu?
Ada
Ga ada
256 votes

Komentar (1)

Fresh