Atasi 7 Masalah Kesehatan dengan Pisang | OPINI.id

Pisang adalah salah satu buah tropis yang lezat dan mengandung sejumlah vitamin, mineral serta antioksidan yang paling populer di dunia. Selain itu, pisang ternyata memiliki manfaat yang dapat membantu mengatasi masalah kesehatan secara alami.

1. Mengatasi Depresi

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa pisang dapat mengobati depresi secara alami dan memperbaiki mood. Hal ini dikarenakan kandungan triptofan yang tinggi di dalamnya. Triptofan adalah asam amino yang berubah menjadi serotonin dalam tubuh. Serotonin juga dikenal sebagai hormon bahagia dan dapat memperbaiki mood, sehingga kamu akan merasa lebih baik dan lebih nyaman.

2. Pemutih Gigi

Kalau kamu makan buah pisang jangan buang kulitnya. Soalnya kulit pisang bisa membuat gigi kamu lebih putih loh. Gosok gigi selama beberapa menit setiap hari dan gigi akan tampak lebih putih hanya dalam beberapa minggu.

3. Mengurangi Stres

Tingkat stres yang tinggi untuk waktu yang lama dapat mengurangi kadar potassium dalam tubuh Beruntungnya, pisang akan memberi tubuh asupan potassium, sementara triptofan yang terkandung dalam pisang mampu melawan kelelahan dan memperbaiki mood.

4. Meredakan Sembelit

Pisang kaya akan serat, yakni nutrisi penting yang dapat mengatur pencernaan dan membersihkan tubuh dari racun. Pisang bahkan mengandung serat langka yang disebut pectin guna meningkatkan pencernaan dan menghilangkan racun pada saluran pencernaan hingga melancarkan BAB.

5. Meredakan Gejala PMS

Kandungan vitamin B pada pisang dapat meredakan gejala premenstruasi, mengurangi sakit perut dan mencegah retensi air dalam jaringan. Buah ini tentunya dapat memperbaiki perubahan mood para perempuan dan mengurangi kecemasan saat premenstruasi.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Pisang mengandung banyak vitamin A yang cukup penting bagi kesehatan mata. Sementara itu, tubuh membutuhkan vitamin ini setiap hari untuk mencegah masalah visual seperti rabun malam dan katarak.

7. Bantu Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi pisang dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, kelezatan pisang juga bisa melawan kecemasan dan rasa lapar saat kamu menjalani diet.

Komentar

Fresh