Pencemaran Sungai Citarum | OPINI.id

Sungai Citarum yang beraliran sepanjang 269 km, dimana mengaliri 12 wilayah administrasi kabupaten/kota telah mendapatkan predikat sungai terkotor di dunia dari Blacksmith Institute, New York. Salah satu faktor yang menyebabkan sungai Citarum tercemar adalah limbah industry peleburan AKI yang dibuang ke aliran sungai ini. Akibatnya, logam berat jenis timbal (Pb) yang terkandung dalam limbah hasil peleburan AKI turut mencemari air sungai Citarum.

Berdampak Pada Kecerdasan Anak

berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ternyata dampak dari kontaminasi timbal (Pb) ini kemungkinan besar lebih di rasakan oleh anak-anak. Hal ini dikarenakan anak dapat menyerap 50% timbal (Pb) yang masuk ke dalam tubuh, sedangkan orang dewasa hanya menyerap 10-15%. Salah satu dampak yang akan ditimbulkan adalah penurunan kecerdasan pada anak-anak yang di dalam darahnya terkontaminasi logam berat jenis timbal (Pb) ini.

Kemungkinan 3,4 kali

Pada beberapa kasus juga ditemukan bahwa seorang anak yang darahnya mengandung timbal (Pb) lebih dari 10 mikrogram/desiliter atau dalam hal ini sudah termasuk kadar yang tinggi maka mempunyai kemungkinan 3,4 kali untuk memiliki tingkat kecerdasan yang rendah.

Kerjasama Multisektor

Maka dari itu, perlunya kerjasama multisektor untuk saling membantu dan menindak jika terlihat adanya oknum yang melakukan pembuangan limbah berbahaya ke aliran sungai. #riversidenotes Wirda Murningtyas Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

Komentar (1)

Fresh