Takut kualat sama Kiai, Sandi minta maaf | OPINI.id

Ziarah politik berujung petaka. Bagaimana tidak, pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi ini kena sandung lagi. Sandiaga dikecam karena langkahi makan pendiri NU, waduh awas kualat gan.

Sandi langkahi makam ulama

Kritikan datang dari Tim Kampanye Nasional (TKN) capres dan cawapres nomor urut 01 yaitu Jokowi-MarufAmin. Mereka mengkritik aksi Sandiaga Uno yang melangkahi makam Kiai Bisri Syansuri. Kejadian sepele ini dianggap harusnya gak pernah terjadi kalau seandainya saja Sandiaga Uno sering berziarah dan gak hanya saat masa kampanye saja melakukan ziarah politik. "Kalau memang terbiasa dan ziarahnya bukan ziarah politik, hal itu tidak akan terjadi," ujar Ace dalam jumpa pers di Posko Cemara, Jakarta Pusat Aksi Sandi itu sebelumnya juga dipertanyakan oleh Candra Malik, Wakil Ketua Lembaga Seni Budaya Muslimin (Lesbumi) Nahdlatul Ulama (NU). Dalam unggahannya di Instagram, Candra mengatakan Sandi melangkahi salah satu tokoh Islam yang ikut mendirikan NU. Keblunderan Sandiaga ini nyaris juga diikuti oleh pasangan capresnya yaitu Prabowo Subianto. Hanya saja dalam video terlihat jika Prabowo bertanya terlebih dahulu tata cara berziarah.

Sandi ngaku salah langkahi makam

Setelah dikritik dari berbagai pihak salah satunya dari kubu oposisi yaitu JokowiMarufAmin. Akhirnya cawapres Sandiaga Uno menyampaikan permohonan maaf lantaran melangkahi makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Bisri Syansuri. "Pertama-tama, ya tentunya permohonannya maaf. Manusia itu pasti ada khilaf. Saya hampir tiap hari ziarah ke kubur dan selalu ada pemandunya. Tadi saya ziarah kubur juga ada pemandunya. Dan tanpa mau menyalahkan siapa-siapa, saya harus berani mengambil risiko bahwa ini kesalahan dari saya," ungkap Sandiaga saat diwawancarai usai acara dialog dan ngopi bareng wirausaha milenial di Warkop 45 Jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru, Riau, Senin (12/11/2018). Sandiaga mengakui, menghargai kubur itu sangat esensial, oleh karena itu dia berziarah. "Tapi, karena kesalahan dari pihak saya, saya minta maaf dari lubuk hati yang paling dalam," kata Sandi.

Menurutmu Sandi sering ziarah gak kalau lihat kejadiannya seperti ini?
Gak pernah ziarah ini
Sering, cuma blunder aja
929 votes

Komentar (1)

Fresh