Oh ini alasan standar samping motor di kiri | OPINI.id

Udah lama jadi bikers pasti kamu gak tahu kan apa alasannya standar samping motor itu selalu ada di sebelah kiri kan? Nah, yuk cari tahu kenapa, check this out...

Masalah kaki kanan dan kiri

Seperti dilansir Gridoto.com, dulu itu sebelum motor dan sepeda diciptkan kuda itu masih jadi alat transportasi yang paling diandalkan. Para penunggangnya dilatih naik ke atas punggung kuda lewat sebelah kiri. Itu dikarenakan kaki sebelah kanan lebih gampang dilambungnya saat mau naik. Sedangkan kaki sebelah kiri yang membawa pedang. Sejarahnya berlanjut sampai sebelum abad 19, dimana pada akhir abad tersebut baru ditemukan sepeda. Makanya kebiasaan cara naik kuda tadi juga mereka terapon juga pada penemuan kendaraan roda dua tersebut. Kayaknya masih kurang jelas ya?

Faktor negara Inggris

Oke, standar di sebelah kiri itu sangat memudahkan, tanpa harus mengubah kebiasaan naik kendaraan dari sebelah kiri.Selain itu faktor negara Inggris yang kerap pakai lajur di kiri dan negara lainnya. Gak hanya itu, di Inggris juga banyak pabrikan motor yang terlaris. Makanya di sana itu standar kiri sudah jadi hal yang wajib terutama dari motor racikan pabriknya. Posisi motor yang standar miringnya ke kiri akan menyisakan banyak ruang di sebelah kanan. Kebayang dong kalau seandainya standar motor di kanan. Di Indonesia, motor kamu bisa disambar kendaraan lain kalau standar sampingnya di sebelah kanan bukannya di kiri. Gak hanya itu, dulu itu motor masih jarang banget starter tangan dan kebanyakan kick starter. Oleh karena itu, standar motor kiri sangat berpengaruh memberikan tenaga dan ruang saat akan melakukan kick starter.

Kamu sendiri sudah tahu sebelum nya belum, kenapa standar samping adanya di kiri?
Sudah tahu
Gak, baru tahu ini
290 votes

Komentar

Fresh