Ketika Anjing Memiliki Profesi | OPINI.id

Selain kesetiaannya yang tidak perlu diragukan lagi, anjing juga dibekali kecerdasan yang menakjubkan. Kamu tentu tidak asing dengan pelatihan anjing dan perintah-perintah seperti, “Sit!”, “Stay!”, “Hand!”, dan lain-lain.

Mereka bahkan juga bisa bekerja seperti manusia. Berikut ini merupakan jenis-jenis pekerjaan yang dilakukan oleh anjing.

1. Anjing Polisi

Prospek kerja buat anjing yang satu ini pastilah sudah terlintas di benak kita. Dengan penciumannya yang luar biasa, anjing memiliki andil besar dalam membantu para polisi saat melacak narkoba, bom, senjata api, ataupun orang-orang hilang, dan tersangka pelaku kejahatan. Eits, tapi tidak semua anjing bisa mendapat profesi ini. Biasanya, akan dipilih anjing-anjing ras besar yang mampu menakuti penjahat. Di samping itu, pernah lho, seekor anjing polisi dipecat karena dianggap terlalu ramah!

2. Anjing Penjaga

Mirip dengan pekerjaan pertama, pekerjaan satu ini juga biasanya dilakoni oleh anjing-anjing bertubuh besar. Seekor anjing penjaga terlatih dapat melindungi rumah tempatnya tinggal dari ancaman penyusup ataupun pencuri. Untuk dapat menjadi anjing penjaga terlatih, seekor anjing sebelumnya perlu mendapatkan pelatihan ketaatan, pelatihan sosialisasi, bahkan pelatihan Schutzhund yang meliputi pelacakan dan perlindungan.

3. Anjing Gembala

Meskipun mungkin jarang ditemui di Indonesia, tapi banyak anjing yang bekerja sebagai penggembala ternak. Sebelum benar-benar menggembala, mereka akan mendapat pelatihan bersama dengan hewan ternak yang sebelumnya sudah pernah digembalakan anjing menggunakan kandang berbentuk lingkaran agar hewan ternak tersebut tidak tersudutkan oleh anjing yang sedang berlatih.

4. Anjing Search and Rescue

Serupa dengan anggota SAR manusia, anjing dalam SAR juga dituntut untuk siap sedia bertugas kapan saja. Mereka bisa melacak anak-anak yang hilang di hutan, lansia yang tersesat, ataupun korban-korban bencana kebakaran, kecelakaan, gempa bumi, banjir, dan lainnya. Super keren! Sebelum terjun langsung memberikan bantuannya, anjing-anjing ini akan mendapatkan pelatihan intensif selama setahun.

5. Anjing Service

Pekerjaan anjing yang terakhir ini bisa dibilang adalah yang paling menyentuh. Anjing ternyata dapat dilatih untuk mendampingi orang-orang penyandang disabilitas. Misalnya, guide dog bagi tuna netra, hearing dog bagi tuna rungu, medical alert dogs bagi orang-orang dengan kondisi medis yang dapat kambuh sewaktu-waktu, psychiatric service dogs bagi orang-orang dengan kelainan seperti bipolar atau PTSD, dan mobility dogs yang membantu membukakan pintu dan lainnya bagi tuannya yang secara fisik tidak mampu untuk melakukan terlalu banyak hal. Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/your-life/ini-prospek-kerja-buat-anjing/ Penulis: Evita

Komentar

Fresh