Awas Duitmu Dicuri! | OPINI.id

Marak terjadi penipuan mengatasnamakan bank terutama via telepon dengan meminta data-data pribadi nasabah termasuk data PIN. Jangan sampai kamu jadi korban karena pasti sangat merugikan kamu. Gimana cara mencegahnya?

Yuk Jadi Nasabah Cerdas

Saat ini bank kasih kemudahan agar kita serasa memiliki mesin ATM sendiri di rumah. Seiring dengan perkembangan teknologi, layanan internet banking juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern yang mengiringi aktivitas kita sehari-hari.

Tapi seringkali nasabah kurang hati-hati menjaga kerahasiaan data diri terkait data perbankan. Padahal ada resiko penipuan mengatasnamakan bank terutama via telepon dengan meminta data-data pribadi nasabah termasuk data PIN. Nah, kejahatan perbankan ini jadi semakin mudah saat kita gak paham cara mengamankan transaksi perbankan.

Misalnya saja mengumbar data user ID dan PIN internet banking, abai menjaga kerahasiaan PIN, mudah percaya pada iming-iming hadiah yang belum dipastikan berasal dari pihak bank atau bahkan memberikan data rahasia itu pada orang lain.

Sebenarnya bertransaksi aman itu mudah dilakukan, namun memang butuh pengetahuan dan kepedulian dari penggunanya. Yuk jadi nasabah cerdas!

Waspadai Bahaya Phishing

Phishing adalah cara-cara penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu untuk mendapatkan informasi-informasi rahasia seorang nasabah seperti User ID dan PIN. Ada beberapa modus antara lain : 1. Membuat situs palsu yang memiliki alamat dan tampilan mirip dengan situs resmi milik bank. 2. Mengirim URL link ke situs yang dibuat semirip mungkin dengan situs resmi milik bank namun ternyata palsu. 3. Mengirim email atau BBM yang berisi URL link atau login screen dan meminta nasabah melakukan login dengan memasukkan User ID dan PIN. 4. Berpura-pura sebagai seseorang dari pihak bank dan meminta data-data nasabah dengan alasan-alasan tertentu. Jangan sampai kamu jadi korban phishing ya..

Tips Transaksi Aman di ATM

1. Rajin mengganti PIN ATM secara berkala 2. Jangan melayani pihak yang menawarkan bantuan di ruang ATM 3. Jangan meminjamkan kartu ATM dan memberitahukan PIN kepada orang lain (petugas bank tidak pernah meminta PIN dari nasabah) 4. Menutup tombol pinpad dengan tangan pada saat memasukkan PIN ke ATM 5. Jika Anda mengalami kesulitan di ATM, hubungi segera customer service bank Anda!

Hati-Hati Dengan PIN-mu

Kalau kamu cermat menjaga kerahasiaan PIN, transaksi perbankan yang kamu lakukan pasti akan lebih aman. Ini caranya:
1. Tidak memberitahukan nomor PIN kepada siapapun, sekalipun kepada keluarga atau teman dekat.

2. Hindari mencatat nomor PIN dimanapun apalagi menyimpannya di dalam dompet.

3. Mengusahakan orang lain tidak dapat melihat PIN Anda yaitu dengan menutup gerakan jari pada saat Anda menekan tombol pinpad atau saat memasukkan PIN Anda.

4. Mengganti PIN secara berkala dengan kombinasi angka yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain.

5. Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatakan sebagai petugas bank melalui telepon, faks atau email, yang menanyakan data pribadi, termasuk nomor PIN.

6. Ingat, petugas bank tidak akan meminta atau menanyakan nomor PIN kamu.

Komentar

Fresh