Gibran Huzaifah Masuk Forbes | OPINI.id

Dia adalah anak bangsa yang berhasil buat karya inovatif alat pemberi pakan ikan otomatis bernama e-fishery. Dia pun masuk dalam posisi ke-6 Global Entrepreneurship Summit di Nairobi,Kenya.

Gibran Huzaifah Masuk Forbes 30 Under 30 Asia Industry

Mulai dari teknologi pintar yang diterapkan pada pakan ikan, drone bawah air hingga lengan cerdas robot, tahun ini Forbes 30 Under 30 Asia Industri memasukan beberapa insinyur muda dan ilmuwan yang ada untuk mengembangkan teknologi yang bisa tingkatkan efisiensi dan biaya rendah.

Salah satunya adalah Gibran Huzaifah. Pengusaha asal Bandung ini punya karya inovatif yang juga memang di "Spark the Fire Champion".

Gibran berhasil menemukan terobosan baru yaitu alat pemberi pakan ikan otomatis bernama e-fishery. Alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) ini adalah satu-satunya peserta dari Indonesia loh! Lantas siapa sih Gibran Huzaifah ini? Ia adalah pria ya g sudah mulai mencoba ternak lele sejak masih kuliah.

Usaha peternakannya berkembang dan punya 83 kolam budi daya. Setamat kuliah di Ilmu Biologi ITB tahun 2012, Gibran melihat peluang untuk bisa membantu para peternak ikan. Ia melihat peluang untuk mengembangkan alat yang cerdas untuk pemberi pakan ternak. Inovasi Gibran melahirkan eFishery.

Apa Itu E-Fishery

Ini adalah sebuah terobosan sekaligus inovasi anak bangsa. E-Fishery adalah alat pemberi pakan ikan yang bisa dikontrol dari jarak jauh dengan teknologi internet.

Alat yang dilengkapi sensor untuk melihat nafsu makan ikan ini efektif mengontrol jumlah pakan ikan. Bayangkan aja, peternak bisa mengakses data pemberian pangan secara lengkap, kapan pun dan dimana pun dirinya berada.

Dengan begini, tidak akan ada lagi kasus kelebihan pemberian pakan atau over feeding. Faktanya berdasarkan hasil survei, e-fishery ini bisa menekan biaya pakan ikan sampai 21 persen.

E-Fishery Permudah Kerja Peternak Ikan

Alat pemberi pakan ikan temuan Gibran ini patut diacungi jempol. Soalnya, dengan adanya alat ini, peternak ikan bisa memberi makan darimana saja lewat smartphone.

Gak hanya itu saja, E-Fishery yang bisa diakses lewat smartphone ini juga bisa memberikan data perihal jumlah pakan ikan, serta nafsu makan ikan kamu.

Komentar

Fresh