Teka-Teki HIV AIDS yang bikin garuk kepala | OPINI.id

Tiba-tiba saja penyakit mematikan yang tidak obatnya ini muncul lagi jadi pembicaraan. Mungkin seiring dengan film Bohemian Rhapsody yang diangkat dari kisah nyata band legend, Queen.

Nah, vokalis band legendaris ini yang bernama Freddue Mercury tumbang dan tewas oleh HIV & AIDS. Jadi, banyak yang bahas darimana sih asal usul penyakit ini.

Berasal dari gaya hidup di Afrika

The first that you must know about this. AIDS bisa terjadi kalau virus HIV gak segera dilumpuhkan! Bicara soal penyakit ini, pandemik virus HIV masih jadi perdebatan. Buat mengetahui asal-usul virus yang udah merenggut nyawa lebih dari 75 juta orang di dunia ini dibentuklah sebuah tim internasional guna merekonstruksi genetika HIV. Pencarian pertama dimulai dari Afrika. Maklum saja, di negara ini virus mematikan punya sejarah panjang. Peneliti pun berhasil melacak asal-usulnya. Ternyata, virus ini udah ada dari tahun 1920 di Kota Kinshasa yang kini menjadi bagian dari Republik Demokratik Kongo. Di tahun itu, jumlah pekerja seks komersial (PSK) cukup banyak. Ditambah lagi penggunaan jarum tak steril di sejumlah klinik, hingga tak mustahil kalau virus ini memang bermuara di Kinshasa. Dugaan semakin kuat setelah penelitian menemukan ada virus yang sama dengan HIV di tubuh monyet, simpanse, serta kera yang ada di Afrika bagian barat. Setelah dilakukan pengecekan, para ilmuwan menduga HIV merupakan keturunan dari SIV, yang mirip dengan dua tipe HIV (HIV-1 dan HIV-2).

Aids berasal dari gorila

Penemuan ini juga menimbulkan kontroversi. Soalnya, ada juga penelitian yang mengungkapkan jika asal virus HIV ini berasal dari hewan primata. Ilmuwan menemukan jika setengah dari garis keturunan jenis utama virus human immunodeficiency atau HIV-1 berasal dari gorila. Ada kemungkinan, manusia melakukan perburuan hewan liar. Pada akhirnya, mereka pun terinfeksi virus dari Gorila Kamerun. HIV-1, penyebab AIDS, terdiri dari empat kelompok, masing-masing berasal dari transmisi virus kera ke manusia. Penelitian sebelumnya mengidentifikasi simpanse di Kamerun bagian selatan sebagai sumber dari kelompok M HIV-1. Virus ini telah menginfeksi lebih dari 40 juta manusia di seluruh dunia, dan memicu pandemi AIDS.

Menurutmu mana yang benar, dari hubungan seks bebas atau dari hewan primata asal usul HIV AIDS?
Seks bebas
Hewan primata
832 votes

Komentar (1)

Fresh