Kemlu dan Kemenhub serius dong rebut FIR 1! | OPINI.id

Baru-baru ini TNI AU mengusir sebuah pesawat asing yang melintas di wilayah kepulauan Riau tanpa izin Indonesia. Dan ini sebenarnya adalah permasalahan lama yang harusnya diselesaikan oleh Kemlu dan Kemenhub.

TNI AU cegat pesawat Brunei masuk ke Indonesia tanpa izin

Tepuk tangan bagi para TNI AU yang secara sigap menjaga kedaulatan Republik Idonesia dari udara. Secara tegas, dua pesawat tempur TNI AU kita pun mencegat (intercept) pesawat komersil punya Brunei. Pesawat ini masuk ke wilayah Kepulauan Riau tanpa izin Indonesia. Saking seriusnya, pihak TNI AU sudah mengingatkan Singapura yang memberi izin pesawat tersebut tanpa kordinasi dengan pihak RI. Pengusiran ini terjadi tepatnya di wilayah udara Kepulauan Riau Kepri) pada Rabu (31/10). Sebenarnya wilayah udara Kepri itu masuk dalam flight information region (FIR)1 yang memang masih dikuasai Singapura. Selain Kepri, FIR 1 menguasai wilayah udara Natuna. Sebelumnya diberitakan, dua pesawat Sukhoi Su-27/30 TNI AU mengusir pesawat asing yang masuk wilayah udara NKRI. Pesawat itu diusir karena tidak memiliki izin terbang memasuki wilayah Indonesia.

Pesawat asing permasalahan lama yang harus diselesaikan!

Sebenarnya masalah masuknya pesawat asing di wilayah udara Indonesia bukanlah hal yang baru. Soalnya sudah lama, Presiden Joko Widodo itu memerintahkan beberapa pihak terkait. Termasuk Kemlu dan Kemenhub untuk merebut FIR 1 itu dari tangan Singapura. Terkait kejadian pesawat Brunei terbang di Indonesia, TNI AU juga meminta Singapura agar tak seenaknya memberi clearance bagi pesawatnya yang masuk wilayah Indonesia tanpa ada prosedur yang benar.

Gak ada kelanjutan, menurutmu Kemlu dan Kemenhub harus ditegur lagi gak nih sama presiden?
Setuju harus ditegur
Gak setuju
2115 votes

Komentar (2)

Fresh