Wafa Taftazani Bantu UMKM via Modal Rakyat | OPINI.id

Saat ini Indonesia memiliki lebih dari 57 juta usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang telah membantu dan memiliki kontribusi yang signifikan dalam kemajuan perekonomian Indonesia. Namun kegiatan UMKM ini belum sepenuhnya bisa maksimal karena menghadapi masalah keterbatasan modal dan sumber daya. Wafa Taftazani dan beberapa rekannya mengintip peluang ini untuk turut membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya melalui Modal Rakyat.

Perjalanan Karier

Wafa Taftazani adalah alumni HI UNPAR 2008 yang kini bekerja di Google sebagai Country Strategic Partnerships Manager untuk YouTube, dan merupakan pendiri sekaligus Komisaris di Modal Rakyat, dua aktivitas yang ditekuninya setelah mendapatkan gelar MBA dari Cambridge University dengan beasiswa penuh dari LPDP. Wafa memulai karirnya sebagai corporate dan investment banker di The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, dan sebagai Business Development Manager di Shopee. Wafa juga pernah menjadi konsultan untuk Kementrian Luar Negeri RI, Grab dan CNBC. Diluar profesi dan usahanya, Wafa juga aktif di dunia sosial-politik, dimana dia menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia, sebuah organisasi yang didirkan politisi PDI-P dan anggota DPR Budiman Sudjatmiko, dan sebagai anggota Dewan Pengurus Indonesian Youth Diplomacy, dimana dia 2 kali mewakili Indonesia sebagai delegasi muda di G20 Summits Turkey dan China.

Mendirikan Modal Rakyat

Modal Rakyat didirikan oleh empat orang co-founder, salah satunya adalah Wafa Taftazani (Country Strategic Partnership Manager YouTube Indonesia). Startup ini menyajikan layanan p2p lending untuk pelaku UMKM, pasalnya begitu banyak usaha kecil menengah yang hingga kini belum bisa mendapatkan akses pendanaan yang memadai bagi usaha mereka. Namun anak-anak muda yang tergabung di Modal Rakyat yakin dengan peningkatan kebutuhan dan turut dibarengi juga dengan kesadaran masyarakat terhadap edukasi finansial, maka akan banyak UMKM mendapatkan kemudahan dari startup ini.

Solusi bagi UMKM yang kesulitan mengakses modal

Memiliki target kalangan muda sebagai pemberi pinjaman, Modal Rakyat turut melahirkan inovasi produk untuk mengakomodasi kebutuhan dan tren yang ada. Saat ini sudah banyak generasi milenial yang mulai menjadi pendana di Modal Rakyat untuk turut membantu perkembangan dan kemajuan UMKM di Indonesia. Modal Rakyat adalah solusi bagi UMKM yang kesulitan mengakses modal untuk mengembangkan usaha mereka. Selain itu starup ini juga merupakan platform yang mempertemukan UMKM dan investor serta memfasilitasi terjadinya interaksi pendanaan yang aman. Kini ada peluang yang terbuka lebar bagi UMKM untuk dapat memperoleh modal yang dibutuhkan guna mengembangkan usaha mereka dan investor yang terdiri dari anak muda dapat memperoleh keuntungan dari hasil pendanaan ke UMKM.

Berbagai penghargaan

Wafa telah menerima berbagai penghargaan tingkat nasional maupun internasional dari pemerintah, institusi pendidikan, media, hingga perusahaan teknologi global. Tinggal di Jakarta, Wafa kini sedang menyimak potensi eSports, bidang yang sudah lama menjadi hobinya. Penulis: Penulis: Vey van Driel

Komentar

Fresh