Idho Meilano: Together We Fight Hunger | OPINI.id

Problematika kelaparan dan kekurangan gizi terjadi hampir di seluruh Nusantara bahkan dunia. Dari kota Cilegon di provinsi Banten muncul seorang pemuda yang memiliki jiwa sosial yang tinggi bernama Idho Meilano Kurniawan Putra. Denyut kedermawanan untuk membantu sesama, ia mulai dengan mendirikan Banten Food Bank.

Banten Food Bank

Langkah mulia yang berawal dari sebuah kesedihan melihat secara langsung masyarakat miskin kota yang makan dari tempat sampah. Idho Meilano Kurniawan, pria kelahiran tahun 1991 ini tergerak untuk membantu orang-orang di kota Cilegon maupun di Banten yang mengalami kelaparan dan gizi buruk. Idho terinspirasi membuat Banten Food Bank saat dirinya berkunjung ke Kanada 2012 lalu dan mengetahui keberadaan Food Bank dari relawan di sana. Tak hanya itu Idho juga sempat turut menjadi relawan di Food Bank Kanada dan terlintas difikirannya untuk membentuk organisasi nirlaba yang sama di Indonesia, ia ingin memulainya di Banten, daerah tempat ia menuntut ilmu.

Merambah ke Seluruh Nusantara

Banten Food Bank sebuah proyek sosial yang ditenagai oleh anak muda Banten, akhirnya didirikan pada tahun 2016 dan terus meluaskan efeknya hingga menjangkau seluruh nusantara. Agar orang semakin peduli pada gizi buruk dan kelaparan yang dialami warga kampanye di media sosial-pun dilakukan. Para relawan di Banten Food Bank bertekad tidak hanya menggalang pangan dari Banten, tapi seluruh Indonesia. Saat ini, Idho telah mengumpulkan sekitar 40 orang relawan di Banten yang berasal dari berbagai kalangan. Ia berharap jumlah relawan bisa terus bertambah. Agar bisa menggerakan kegiatan peduli sesama ini hingga mampu merambah keseluruh Nusantara untuk membantu menekan angka penderita gizi buruk dan kekurangan pangan.

Sebuah Harapan

Menurut penelitian faktor kematian dalam sebuah kesehatan bukanlah demam berdarah, malaria ataupun HIV AIDS namun faktor itu adalah KELAPARAN. Hingga Idho, founder sekaligus ketua dari Indonesia Food Bank ini juga berharap, jika kita mau dan memiliki niat, semua elemen masyarakat bisa membantu menyukseskan projek sosial ini agar kedepan masyarakat dapat merasakan kebermanfaatnya secara langsung. Namun jika kita tak memiliki kepedulian pada sesama yang mengalami kekurangan gizi dan kelaparan apalagi orang-orang itu ada disekitar kita, melalui situs Indonesia Food Bank, Idho mengajukan pertanyaan bagi kita semua: "Bangsa ini milik siapa? apakah kita hanya diam saja, tak mau ikut andil dalam membangun bangsa dan negara ini. Dimanakah Bhineka Tungga Ika kita, dimana rasa gotong royong kita?"

Aktivitas dan Prestasi

RIsMa Al-Iman 2009 Deklarator perwakilan pemuda dalam sumpah pemuda Nasional ke 83 Banten English Debating Club 2009 Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi 2010 Juara 1 Duta Kampus Untirta 2010 Duta Mahasiswa Banten Gen-Re 2010 Juara 2 Cerdas Cermat Nasional GenRe Yogyakarta 2010 Temu Ilmiah dan Penelitian Nasional Banjarmasin 2010 Latihan Kepemimpinan Nasional Makassar 2010 Ajang Ngumpul Kreativitas Remaja-Mahasiswa Nasional Yogyakarta LDK Baabussalam 2010 TRAS 2011 Ketua HMJ Manajemen 2011 Mahasiswa berprestasi Untirta 2011 Banten Hebat Exellent 2011 Juara Harapan 1 LKTI Provinsi Banten 2011 Ketua PWMI (Persatuan Wirausaha Muda Indonesia) Provinsi Banten 2012 penulis: Vey van Driel

quote-mark

"Bersama kita bantu berantas gizi buruk - Together we fight hunger"

Komentar

Fresh