Mesty Sukses Bantu Pasien di Daerah Terpencil | OPINI.id

Pramesti atau lebih dikenal sebagai Mesty Ariotedjo adalah dokter medis, lulusan Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, pada September 2012. Ia mendirikan WeCare.id, sebuah situs yang memfasiltiasi pengumpulan dana bagi pasien yang butuh fasilitas kesehatan. WeCare juga memfasilitasi warga Indonesia yang tinggal di daerah terpencil memiliki JKN.

Mendirikan WeCare.id

Sebelumnya, Mesty telah berpengalaman bekerja di daerah terpencil dan atas kepeduliannya yang tinggi, ia bersama rekannya mendirikan WeCare.id WeCare.id merupakan sebuah situs yang dibangun khusus untuk mengumpulkan dana bagi pasien di daerah terpencil atau yang membutuhkan akses terhadap perawatan kesehatan dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang optimal. Selain biaya pelayanan kesehatan di Rumah Sakit, termasuk jasa konsultasi dokter, alat diagnosis dan pemeriksaan lab, WeCare.id juga memperhitungkan biaya untuk transfer pasien ke pusat kesehatan rujukan, makanan, akomodasi pasien, biaya kontrol berobat, serta pembiayaan premi JKN pasien. WeCare.id juga memfasilitasi untuk orang Indonesia di daerah terpencil yang tidak memiliki JKN untuk memproses kepemilikan JKN. Hingga saat ini, WeCare.id telah menumpulakan dana lebih dari lima miliar dari 12.481 dan membantu 391 pasien.

Mencintai musik dan dirikan sekolah musik gratis

Selain dikenal sebagai dokter medis Mesty Ariotedjo juga seorang pemain harpa. Dia juga menjadi duta Yayasan Musik Klasik Indonesia. Ia mendirikan sekolah musik gratis untuk anak-anak kurang mampu di Jakarta, Children in Harmony. Menghasilkan mini album “Lukis Indah Mimpi” dan menggelar konser “Children in Harmony” pada Juni 2014 dan semua keuntungannya disumbangkan ke SD Ruteng dan SD Taga, di Pulau Flores, di mana Mesty bekerja selama setahun sebagai dokter.

Segudang Prestasi

Mesty adalah penerima penghargaan Indonesia Inspiring Young Leaders 2014, yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo dan BeritaSatu. Dia juga terpilih sebagai penerima The Young Health Scholar, yang diberikan dalam Konferensi NonKomersial (NCD) 2014 di Trinidad & Tobago. Selain itu, Mesty Ariotedjo juga menjadi anggota termuda dari World Economic Forum 2014 dari Indonesia dan anggota dari Global Shapers Jakarta. Dia adalah satu-satunya wakil dan pembicara di Konferensi Anak-anak Internasional Non-Communicable Diseases (NCD), Port of Spain, Trinidad dan Tobago, dari Indonesia. Penulis: Maria Septia

Komentar

Fresh