Usaha Memajukan Bisnis Ibu Rumah Tangga | OPINI.id

Andree Wijaya adalah CEO Delihome, sebuah aplikasi food delivery yang mendistribusikan masakan rumahan ibu rumah tangga atau UMKM kepada masyarakat di Surabaya.

Mengembangkan bisnis rumahan, Delihome

Berbeda dengan layanan sejenis yang menyalurkan pesanan dari café atau resto, Delihome menyuguhkan masakan industri rumahan lewat aplikasi Masaku. Ide ini bermula ketika Andree kerap mendengar ungkapan dari teman-temannya bahwa masakan ibu mereka jauh lebih enak dibanding masakan yang dijual di restoran. “Cerita berawal dari ketika saya hangout bersama teman-teman, sering kali saya mendengar ungkapan: ‘kalau ayam goreng gini mah, Ibu saya juga bisa bikin lebih enak’. Dari situ saya mulai mencari tahu lebih dalam, kenapa kalau ibu-ibu di rumah bisa membuat masakan enak tapi mereka tidak menjualnya” ujar Andree kepada Daily Social. Setelah melakukan riset, ia menemukan bahwa banyak ibu rumah tangga yang ingin masakannya dijadikan bisnis, tetapi membutuhkan komitmen dan modal besar. Dari situ ide muncul untuk membuat aplikasi guna membantu para industri rumahan berjualan dengan biaya modal yang minim.

Startup untuk pecahkan masalah

Andree bertekad dengan startup yang dibuatnya dapat memecahkan masalah yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Ia berharap setiap entrepreneur di Indonesia harus memiliki nilai utama, yakni menjadikan startup bukan hanya untuk mencari uang, tetapi untuk menyelesaikan masalah yang ada di Indonesia.

Menangkan startup sprint

Di tahun 2015, Andree bersama rekan satu tim dari Delihome mengikuti kompetisi Startup Sprint di Surabaya. Aplikasi Masaku berhasil memenangkan tiket terbang ke Silicon Valley dan berkesempatan langsung untuk belajar serta bertukar pengalaman dengan para penggiat startup senior di sana. *** Andree merasa yakin bahwa Indonesia bisa menyusul keberhasilan startup Silicon Valley karena di Indonesia sudah tersedia co-working space, program inkubasi, mentor network, dan dukungan pemerintah yang mewadahi. Asalkan, generasi muda dapat bekerja sama memecahkan masalah dengan memanfaatkan teknologi bagi seluruh warga Indonesia. Penulis: Nur Amalina

Komentar

Fresh