Lebih Baik Dikucilkan daripada Curang | OPINI.id

Andri Rizki Putra adalah pendiri Yayasan Pemimpin Anak Bangsa, yayasan berbasis swadaya masyarakat untuk mereka yang putus sekolah dan ingin melanjutkan pendidikannya tanpa batas usia, dan pekerjaan secara gratis untuk siapa pun.

Kecewa dengan Sistem Pendidikan

Lebih Baik Dikucilkan darpiada Curang Pada 2006 Rizki bikin heboh lingkungannya. Dia menolak praktik curang di sekolahnya. Saat Ujian Nasional, guru di sekolahnya bagi-bagi kunci jawaban. Rizki mengutuk aksi curang itu dan berniat lapor ke Kepala Sekolah, ICW, bahkan berniat mengekspos ke media massa. Tapi niat itu dihalang-halangi orang-orang sekitarnya. Setelah masuk SMA, Rizki yang kecewa dengan sistem pendidikan putuskan keluar. Baginya, pendidikan adalah sarana untuk membentuk manusia yang lebih baik. Jika pendidikan didasarkan oleh kecurangan dan ketidakjujuran, maka pendidikan sudah gagal.

Perjuangan Masih Berlanjut

Putus sekolah bukan berarti menyerah. Dia lanjutkan pendidikanya dengan kejar paket C. Lanjutkan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Gak cuma itu, Rizki dirikan Yayasan Pemimpin Anak Bangsa (YPAB). Yayasan itu bergerak di bidang pendidikan. Konsentrasi bantu mereka yang putus sekolah dan ingin melanjutkan pendidikannya tanpa batas usia.

Daftar Prestasi Rizki

1. Penerima Penghargaan Kick Andy Young Heroes 2015 2. Breakthrough People di bidang Pendidikan 2015[14] 3. Remaja Berprestasi dan Menginspirasi oleh Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia 2014 4. Penulis Buku "Orang Jujur Tidak Sekolah" diterbitkan oleh Bentang Pustaka 2014 5. Ketua Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Pemimpin Anak Bangsa 2012 6. Pendiri Yayasan Pemimpin Anak Bangsa (YPAB) 2012[15] 7. Juara III Mahasiswa Berprestasi Fakultas Hukum Universitas Indonesia 2011 8. Peraih Predikat Cumlaude Universitas Indonesia 2011 Penulis: Gun Gun Gunawan

Komentar

Fresh