Marcus Gideon: Terus Berusaha Lebih Baik | OPINI.id

Marcus Fernaldi Gideon adalah salah satu pemain bulu tangkis Ganda Putra dan Ganda Campuran Indonesia. Marcus Gideon lahir di Jakarta pada 9 Maret 1991. Ia sudah menggemari bulutangkis sejak kecil. Pada usia belia juga, ia mengikuti pembinaan di Pelatnas Cipayung.

Perjalanan karier

Marcus sempat keluar dari Pelatnas Cipayung pada 2013, tetapi kembali bergabung pada 2014. PBSI menilai Marcus sebagai pemain yang punya potensi besar. Setelah kembali ke Pelatnas, Marcus yang sebelumnya berpasangan dengan Markis Kido, dipasangkan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo. Saat dipasangkan dengan Marcus, Kevin memang belum punya pasangan.

Prestasinya bersama Kevin Sanjaya

Bersama Kevin, Marcus mulai berbicara di panggung dunia dengan menjadi runner-up Chinese Taipei Open dan juara pada Chinese Taipei Master. pada 2015. Setahun setelahnya, Marcus dan Kevin membuat lompatan besar, dengan menjuarai Malaysia Master, India Open, Australia Open, China Open. Pada 2017, Marcus dan Kevin menjuarai Malaysia Open, India Open, dan All England Open. Prestasi yang diraih pada 2017 membawa Marcus dan Kevin ke posisi pertama peringkat dunia versi BWF. Pada 2018, Marcus dan Kevin meraih medali emas nomor ganda putra Asian Games, setelah mengalahkan pasangan Indonesia Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto. Setelah kalah 13-21 pada set pertama, Marcus dan Kevin memenangi set kedua dan ketiga dengan skor 21-18 dan 24-22.

Terus berusaha lebih baik

"Asian Games empat tahun sekali, dan ini digelar di Indonesia, sehingga ekspektasi (masyarakat Indonesia) kepada kita pasti sangat besar sekali. Dari situlah, kami ingin juara di sini (Indonesia). Itu yang membedakan dari laga-laga di tempat lain," ujar Marcus Gideon, seperti dilansir BBC. "Pasti ada yang perlu ditingkatkan. Banyak. Nanti kita bakal diskusi dengan partner saya (Kevin Sanjaya Sukamuljo), bagaimana caranya agar kita bisa lebih baik," lanjut Marcus. Juara Prancis Terbuka 2013 Medali Perak Singapura 2015 Ganda Putra Medali Emas Singapura 2015 Beregu Putra Medali Perak Piala Thomas Kunshan 2016 Beregu Putra Medali Perunggu Piala Sudirman Dongguan 2015 Beregu Campuran Juara Australia Open 2016 Juara India Open 2016 Juara China Open 2016 Juara India Open Super Series 2017 Juara Malaysia Open Super Series Premier 2017 Juara All England 2017 Juara Japan Open 2017 Runner Up Denmark Open 2017 Juara BWF Superseries Finals 2017 Medali Emas Asian Games Cabang Bulutangkis Nomor Ganda Putra 2018 Penulis: Albertus Tjatur Wiharyo

Komentar

Fresh