Harry Potter Antar M Iman Usman Mendunia | OPINI.id

Menjalankan startup pendidikan dan digital Ruang Guru, serta jadi pembicara di banyak forum, termasuk di World Economic Forum di New York.

Harry Potter Antar M Iman Usman ke Panggung Internasional

Konon, buku adalah jendela dunia. Buku bisa membawa seseorang ke banyak tempat lewat kata-kata yang saling terkait dan menjadi cerita. Namun, bagi Muhammad Iman Usman, buku Harry Potter tak sekadar membuatnya berimajinasi, tapi juga membawanya ke berbagai panggung tingkat internasional. Saking sukanya terhadap novel fantasi Harry Potter, Iman sering tak sabar menunggu novel berikutnya keluar. Ia ingin selalu menjadi yang pertama membaca novel terkini Harry Potter. Ia pun nekat membeli novel Harry Potter yang masih berbahasa Inggris dan belum diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Karena kemampuannya terbatas, ia pun membeli kamus untuk menemani baca novel Harry Potter. Ini membantunya paham sebagian-sebagian ceritanya. Perlahan, Iman makin fasih berbahasa Inggris. Kebisaan ini menjadi landasannya menuju banyak panggung dunia yang sebelumnya hanya ada di imajinasinya.

Massachusetts Institute of Technology

(MIT) Solve, ASEAN-Indonesia Youth Ambassador, United Nation General Assembly, World Economic Forum adalah beberapa panggung yang sudah dinaiki Iman. Dia diundang menjadi pembicara di panggung-panggung tersebut. Membicarakan apa yang sudah dikerjakannya di Ruangguru. Ruangguru.com lahir di tahun 2014. Bersama Adamas Belva Syah, Iman mengepalai divisi produk dari wadah jaringan pendidikan berbasis teknologi ini. Ruangguru.com merupakan penyedia layanan dan konten pendidikan berbasis teknologi. Platform ini menghubungkan pelajar kepada pengajar yang memiliki kemahiran di bidang yang spesifik, baik itu untuk penambahan pelajaran, mengembangkan keahlian, juga menyediakan tes tryout. Wadah ini dimulainya ketika ia berusia 22 tahun, ketika ia masih menjalani kuliah di Columbia University Amerika Serikat, dengan partner berkuliah di kota yang berbeda, dan 2 orang staf di Jakarta. Seiring waktu, perusahaannya berkembang. Kini, Ruangguru sudah memiliki setidaknya 500 karyawan dan melayani lebih dari 8 ribu siswa.

Pernah bercita-cita jadi diplomat

Seperti tokoh favoritnya, Harry Potter, Iman juga seperti punya kekuatan untuk mewujudkan sesuatu. Ia pernah punya cita-cita menjadi diplomat. Atas kerjanya di Ruangguru.com, ia kerap digandeng banyak lembaga taraf internasional untuk berbagi cerita dan pengalaman. Di usia 19 tahun, ia pernah menjadi pembicara termuda mewakili Indonesia untuk bicara soal pemuda di PBB. Kini, Iman sudah berkeliling ke lebih dari 30 negara dan bertemu banyak orang-orang kenamaan, seperti Presiden Joko Widodo, Mantan Sekretaris Negara Amerika Serikat John Kerry, dan banyak lainnya. Mimpinya menjadi sosok yang mewakili negara kini terwujud lewat prestasi!

Jiwa Sosial Sejak Kecil

Bungsu dari 6 bersaudara ini adalah yang pertama di keluarganya untuk belajar di perguruan tinggi, sehingga pengalaman yang sedang ia hadapi kini benar-benar di luar nalarnya. Sedari kecil Iman punya ketertarikan besar di bidang kemanusiaan dan pendidikan. Salah satunya adalah menaruh buku-buku miliknya atau teman-temannya untuk dipinjamkan secara gratis kepada orang-orang sekitar rumahnya di kota Padang, Sumatra Barat.

Cinta Pendidikan

Sedari awal, Iman cinta pendidikan. Ia berpendapat, semua orang berhak mendapatkan pendidikan berkualitas. Ia ingin menjadikan pendidikan berkualitas bukan lagi kemewahan, melainkan hak semua orang. Dari hal tersebutlah muncul ide untuk membangun Ruangguru.com.

Tak lelah kejar mimpinya

Secara pribadi, Iman adalah orang yang terus ingin bertumbuh. Tak mau berhenti dan diam di satu titik. Kini, Iman sedang menyimpan mimpi bisa menerbitkan buku seputar hidupnya. Ia mengharapkan buku yang nantinya diterbitkan bisa bermanfaat buat banyak orang. Saat ini usianya 27 tahun, ia berharap buku itu bisa terbit sebelum usianya 28 tahun. Untuk perusahaan yang dipimpin bersama partner-nya, Iman juga mengupayakan terus ada pertumbuhan seiring waktu dan kerja sama dengan banyak pihak. Dalam setiap perkembangan dan perubahan itu Iman sadar, ia tak bisa diam. Ia harus bergerak dan tumbuh bersama perusahaannya. Untuk itu, ia terus berusaha belajar. Tantangan mendasar dalam membangun Ruangguru.com baginya adalah dulu ia pekerja sosial yang terbiasa mengeluarkan dana untuk membantu orang lain. Namun, kini dengan ratusan karyawan yang bekerja di Ruangguru.com, ia harus belajar juga mencari dana agar perusahaannya juga bisa berjalan. Terlebih, ia menyadari, tak ada patokan untuk sebuah perusahaan bisa berjalan sampai kapan. Hanya yang pasti ia bisa mencoba untuk terus bertumbuh, menjalani hidup, dan terus mewujudkan imajinasinya, seperti tokoh favoritnya, Harry Potter. Penulis: Nadia Felicia

Komentar

Fresh