CEO Milenial yg Sukses Berbisnis Lewat Medsos | OPINI.id

Naya Tinanda Nabila adalah seorang CEO dari brand kosmetik lokal Rollover Reaction. Rollover Reaction telah diekspor hingga ke Singapura dan Malaysia.

Dari Konsumen Menjadi Produsen

Sebagai seorang perempuan muda yang menggemari produk kosmetik, Naya resah melihat minimnya pilihan produk kecantikan dan kosmetik lokal, padahal animo para penggemar produk kecantikan khususnya makeup sedang tinggi-tingginya. Namun, saat melihat di pusat perbelanjaan maupun di penjualan online, brand-brand kosmetik yang tersedia di pasaran masih didominasi produk-produk impor dari merek-merek internasional. Melihat situasi tersebut, Naya Tinanda Nabila yang akrab disapa Naya, bersama 3 orang rekannya sesaat setelah lulus kuliah, memulai usahanya dengan modal nekat dan niat. Naya dan rekan-rekannya ingin menjawab dan memenuhi kebutuhan para perempuan seperti dirinya akan varian dan pilihan produk kosmetik lokal berkualitas baik dalam pilihan warna cantik. Tanpa latar belakang dan pengalaman di bidang bisnis atau industri kecantikan, mereka mendatangi sendiri pabrik kosmetik untuk mencari produsen untuk memulai pembuatan produk kecantikannya. Melalui berbagai rintangan serta proses persiapan yang melibatkan trial and error selama 2 tahun sebelum bisnisnya bisa berjalan, Rollover Reaction akhirnya mulai beroperasi pada Maret 2016. Produk perdananya yaitu lip and cheek cream mulai dipasarkan secara online melalui media sosial. Nama Rollover Reaction sendiri dipilih karena memiliki arti reaksi yang berulang-ulang. Naya ingin memberikan dampak dan reaksi dengan hadirnya produk kecantikan dari perempuan untuk para perempuan Indonesia, yang bernama Rollover Reaction. Naya dan 3 rekannya berbagi peran dalam menjalankan bisnisnya, antara lain dalam bidang operasional, riset dan pengembangan, marketing, hingga customer service. Tak disangka, produk-produk Rollover Reaction mendapatkan sambutan luar biasa. Awalnya Naya dan tim memprediksi hanya akan melayani 1-2 pembeli setiap harinya, ternyata mereka pernah menerima hingga 3000 pesanan dalam satu hari! Dari 4 personel, tim yang dibangun Rollover Reaction kini terdiri lebih dari 20 orang.

Viral di Instagram Hingga Sukses Ekspor Ke Luar Negeri

Memulai penjualan hanya dari varian produk lip and cheek cream, Rollover Reaction kini memiliki lebih dari 40 produk untuk bibir, mata, pipi, bahkan merambah ke produk skin care seperti Face Mist dan Face Wipes. Sebagai kaum milenial yang dekat dengan media sosial, Naya mengaku penjualan dan pemasaran Rollover Reaction sangat terbantu dengan adanya media sosial serta kerjasama dengan para influencer yang menjadikan produknya bisa menjangkau lebih banyak konsumen di seluruh Indonesia dalam waktu singkat. Tak hanya berhenti di sana, Rollover Reaction kemudian meluncurkan website untuk melayani pembelian selama 24 jam, serta membuka program reseller agar lebih banyak konsumen bisa dijangkau. Tidak hanya bisa didapatkan secara online, Rollover Reaction kini telah memiliki gerai pertamanya di Plaza Indonesia. Rutin memproduksi hingga 10 ribu produk setiap bulannya, Rollover Reaction juga telah merambah hingga ke konsumen di Singapura dan Malaysia. Naya dan Rollover Reaction akan terus berinovasi dan menghadirkan produk-produk kecantikan terbaik, dari perempuan Indonesia untuk sesama perempuan di Indonesia, bahkan hingga ke seluruh dunia. Bukan hanya sekadar selfie, Naya dan Rollover Reaction membuktikan bahwa perempuan milenial bisa memulai bisnis serius lewat media sosial. Penulis: Irina Marwan

Komentar

Fresh