Angkie Yudistia Inspirasi Lawan Keterbatasan | OPINI.id

Angkie adalah penyandang tuna rungu yang mendirikan Thisable Enterprise, sebuah perusahaan yang fokus pada misi sosial, khususnya membantu orang yang memiliki keterbatasan fisik (difabel).

Tak diperlakukan berbeda

Perempuan kelahiran Medan, 5 Juni 1987 ini mengalami gangguan pendengaran sejak usia 10 tahun. Namun ia berhasil melawan keterbatasannya dan membuktikan bahwa ia mampu meraih cita-cita dan menginspirasi banyak orang. Sejak kecil, Angkie tidak diperlakukan berbeda oleh orangtuanya. Ia bersekolah di sekolah untuk anak-anak pada umumnya. Ini menjadi hal yang tak mudah baginya, karena itu ia menyiasati dengan belajar lebih keras dari teman-temannya yang lain. Lulus SMA, Angkie mengambil Jurusan Periklanan di London School of Public Relation, Jakarta. Meraih gelar sarjana dengan indeks prestasi kumulatif 3,5. Lalu melanjutkan program masternya dibidang komunikasi pemasaran lewat jalur akselerasi dan berhasil menyelesaikan S2.

quote-mark

Aku beruntung kuliah komunikasi, aku belajar banyak bagaimana caranya mingle, berbaur dengan siapapun tanpa dibatasi.

Terjun ke dunia sosial

Angkie mulai masuk ke dunia sosial saat bergabung dengan Yayasan Tunarungu Sehjira di tahun 2009 lalu. Ia juga pernah menjadi salah satu delegasi Indonesia dalam acara Asia-Pasific Development Center of Disability di Bangkok, Thailand. Sebelum terjun ke dunia sosial, Angkie pernah bekerja dan di sejumlah perusahaan multinasional.

Sukses menjadi Chief Executive Officer (CEO) Thisable Enterprise

Berangkat dari pengalaman pribadinya yang kesulitan mendapatkan pekerjaan, Angkie mendirikan Thisable Enterprise, sebuah social enterprise yang berdiri sejak 2011 dan memiliki misi untuk memberdayakan penyandang disabilitas Indonesia secara ekonomi di dunia kerja. Angkie memiliki keinginan agar para penyandang disabilitas mampu berdaya sehingga menghasilkan karya dan mampu meningkatkan ekonominya. Angkie telah menginspirasi banyak orang, ia juga telah menerbitkan dua buku, yakni Perempuan Tuna Rungu Menembus Batas dan Setinggi Langit.

Komentar (1)

Fresh